​Den Arhanud Rudal 004 Segera Pakai Rudal Starstreak

Para prajurit Den Arhanud Rudal 004 segera menggunakan alutsista baru yakni Starstreak. Senjata yang diimpor dari Thales, Inggris ini merupakan rudal super cepat atau High Velocity Missile dengan kecepatan mencapai mach 4. Alutsista ini menggantikan Rudal Rapier yang digunakan selama ini.

Starstreak adalah rudal darat ke udara yang bisa diluncurkan melalui Manpads atau peluncur diatas kendaraan. Jangkauan maksimalnya 7kilometer. Setelah diluncurkan, rudal ini bisa melaju pada kecepatan supersonik match 7 yang bisa menghantam sasaran di darat ataupun di udara. Rudal paling kencang di kelasnya. 

Rudal ini dikembangkan di Inggris sejak 1980-an dan baru selesai pasa 1997. Lalu menjadi pilihan utama rudal jarak pendek pada tahun 2002. Selain Indonesia san Inggris, rudal ini dipakai juga oleh Afrika Selatan, sedangkan Malaysia dan Thailand masih proses negosiasi untuk ikut memiliki.


Untuk TNI, rudal ini akan dipasang diatas mobil utility vehicle Sherpa buatan Perancis.

“Maka para prajurit diminta lebih profesional dalam mengoperasikan dan melakukan pemeliharaan terhadap alutista yang ada,” papar. Komandan Den Arhanud Rudal 004 Dumai, Mayor (Arh) Joko Sukoyo usai Syukuran HUT ke-70 Arhanud dan HUT ke-26 Den Arhanud Rudal 004 Dumai, Kamis (24/11).


Saat ini ada enam satuan sudah divalidasi, satu di antaranya adalah Den Arhanud Rudal 004/Rapier. Kini menjadi Den Arhanud Rudal 004.

Baca Juga:  Mengenal Sistem Senjata Yon Armed 1 Kostrad TNI AD
Ilustrasi penembakan Starstreak diatas APC Alvis Stromer milik AD Inggris. Foto: Mark Webster

Sesuai arahan Komandan Pusat Senjata Arhanud, Brigjen TNI Nurchahyanto prajurit diharapkan makin profesional dan dekat dengan rakyat.

Apalagi alutsista Den Arhanud semakin modern. Sehingga berdampak pada kesiapan operasional satuan arhanud. (tribunnews/janes)

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan