​Imparsial: 60% Alutsista TNI Tak Siap Perang

Imparsial adalah sebuah LSM yang bergerak di bidang mengawasi dan menyelidiki pelanggaran Hak Asasi Manusia di Indonesia. Lembaga ini berbadan hukum Perkumpulan dengan akta pendirian nomor 10/25 Juni2002 oleh notaris Rina Diani Moliza, SH. Tapi entah kenapa akhir-akhir ini Imparsial kok sering banget ngomentarin alutsista TNI

LSM Imparsial meminta Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) untuk menyiapkan strategi pertahanan berorientasi pada potensi ancaman yang datang dari luar (out world looking). Apalagi salah satu isu terkini di sektor pertahanan adalah eskalasi konflik Laut China Selatan.

Direktur Imparsial Al-Araf mengatakan, konflik klaim batas laut yang melibatkan sejumlah negara di kawasan Laut China Selatan tengah menjadi sorotan dunia internaional. Maka itu dia mengingatkan pemerintah untuk mengantisipasi potensi ancaman di wilayah tersebut.

“Implikasinya, orientasi kebijakan pertahanan dan struktur gelar kekuatan harus mengantisipasi hal ini,” ujar Al Araf, Rabu (26/10/2016).

Menurutnya, salah satu upaya antisipasi dengan meningkatkan anggaran pertahanan dan pembangunan persenjataan. Khusunya, kata dia mengoptimalkan pembangunan kekuatan maritim, Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) namun tidak meninggalkan kekuatan Aangkatan Darat (AD).

“50 hingga 60 persen masih tertatih-tatih karena alutsistanya masih mewarisi produk lama dan tidak siap untuk digunakan,” ucapnya.  (sindonews)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan