​Jet Tempur F/A-18C Milik AU Swiss Dilaporkan Hilang

Jet Tempur F/A18 milik militer Swiss dilaporkan telah hilang di daerah Susten di Swiss tengah pada Senin sore, kata Kementerian Pertahanan Swiss. Militer Swiss telah meluncurkan pencarian pilot dan pesawatnya setelah pesawat tempur milik angkatan udara negara itu hilang selama latihan pada hari Senin (29/08).

Tempat kecelakaan diduga berada di wilayah pegunungan Alpine yang sulit untuk diakses, dengan cuaca buruk dan kegelapan menghambat upaya pencarian, tambahnya.

Panglima Angkatan Udara Swiss Letnan Jenderal Aldo Schellenberg mengatakan dalam konferensi media bahwa dia sangat terkejut dengan kejadian itu.


Ketika ditanya tentang kemungkinan kelangsungan hidup pilot, ia berkata: “Kami berharap dan berdoa,” lapor kantor berita Swiss SDA.

Insiden itu bermula saat pesawat tersebut lepas landas dari pangkalan udara di Meiringen pada pukul 14:01 GMT sebagai pesawat kedua dalam latihan tersebut.

Kontak radio dengan pangkalan berhenti pada sekitar pukul 14:05 GMT, dan pesawat itu dinyatakan hilang.

Sebuah misi pencarian diluncurkan dengan helikopter, namun kemudian dibatalkan karena cuaca buruk. Dua tim pencari didarat juga sudah mulai mencari pilot dan pesawat, sementara itu penyelidikan atas dugaan kecelakaan tersebut kini sedang berlangsung.

Anggota keluarga pilot, yang tidak diinformasikan namanya, telah diberitahu dan sedang diurus oleh pihak militer.

Insiden ini merupakan kejadian ketiga kalinya Angkatan Udara Swiss kehilangan pesawat jet F/A-18 nya dalam tiga tahun terakhir. Seorang pilot terluka ketika sebuah pesawat sejenis jatuh pada Oktober 2015 di Perancis tenggara, sementara kejadian yang lain F/A-18 jatuh pada tahun 2013.

Pada awal tahun ini sebuah jet tempur demonstrasi udara Swiss F-5E bertabrakan dengan pesawat lain dan jatuh ke dalam kolam di Belanda utara menjelang pertunjukan udara.

Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan