​JHSV Kapal Angkut Cepat Pasukan Militer Amerika Serikat Mendarat di Surabaya

Kapal perang Amerika Serikat, USNS Millinocket bersiap berlabuh di dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, 1 Agustus 2016. Kapal Joint High Speed Vessels (JHSV) USNS Millinocket akan melakukan latihan bersama antara US Navy dan TNI-AL yang disebut Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2016.

Kapal jenis Joint High Speed Vessels (JHSV) dibangun oleh Austal USA. Kapal ini dioperasikan oleh Military Sealift Command, untuk mendukung operasi angkatan darat dan angkatan laut. Fungsi utama kapal ini adalah sebagai kapal transportasi cepat pasukan, kendaraan militer, barang dan perlengkapan misi operasi militer. 
Angkatan Laut Amerika Serikat telah memesan 10 kapal Joint High Speed Vessel (JHSV) yang berplatform Expeditionary Fast Transport (EPF). Austal USA telah membangun lima kapal, yaitu USNS Spearhead, USNS Choctaw County, USNS Millinocket, USNS Fall River, USNS Trenton, dan USNS Brunswick. 


Kapal JHSV dapat membawa 312 pasukan dan 545 ton perlengkapan. Dek kapal dapat didarati helikopter CH-53 Super Stallion. JHSV dapat merapat di pelabuhan yang dangkal, dan memiliki fasilitas roll-off roll-on untuk memuat dan menurunkan kendaraan atau pasukan. Kapl ini dapat memuat tank kelas berat seperti M1A2 Abrams.
Kapal Joint High Speed Vessel (JHSV) berbentuk catamaran dengan bobot 2.400 ton ini dibuat dari alumunium. Kapal JHSV memiliki panjang 103 m, lebar 28,5 m dan draft 3,8 m. Dek dalam kapal luasnya 1.800 meter persegi dengan tinggi 4,7 m, diameter 26,2 m. Sebagai kapal transport cepat, JHSV dapat melaju hingga kecepatan 43 knots atau 80 km/jam. 

Baca Juga:  Amerika Uji Rudal Terbaru JAGM dari Helikopter Apache

Propulsi kapal JHSV menggunakan empat MTU 20V8000 M71L diesel engine dan empat ZF 60000NR2H reduction gears. Masing-masing mesing menghasilkan tenaga 9,1 MW. Sistem propulsi sangat hemat bahan bakar sehingga mengurunagi biaya operasional. Kapal ini memiliki jangkauan operasi 1.200 mil laut atau 2222 km. 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan