​Marinir AS Gunakan Helikopter AH-1W Super Cobra Serang Posisi ISIS di Libya

Marinir Amerika Serikat (US Marine) menggunakan helikopter tempur AH-1W Super Cobra untuk meningkatkan serangan udara jarak dekat melawan militan ISIS di Kota Sirte, Libya.

Serangan tersebut diluncurkan semalam dari USS San Antonio, kapal induk amfibi yang dikerahkan di lepas pantai negara Afrika Utara, ungkap AL AS pada Kamis.

Pernyataan dari pangkalan Angkatan Laut AS di Naples, Italia selatan, mengatakan bahwa pesawat itu melancarkan serangan presisi selama operasi tempur di Sirte, kota pesisir tempat loyalis ISIS membangun pangkalan pada 2015.


Pasukan Angkatan Laut AS di pangkalan Eropa belum memberikan rincian terkait cakupan, tujuan atau dampak serangan tersebut.


Serangan itu adalah bagian dari operasi udara dari jalur laut yang diluncurkan oleh Presiden Barack Obama pada Agustus, untuk mendukung upaya pemerintah kesatuan nasional Libya untuk mengusir ISIS dari Sirte.

Ratusan serangan udara sudah diluncurkan tetapi satu-satunya pengerahan pesawat tempur Cobra yang dikonfirmasi sebelumnya terjadi pada akhir Agustus.

Pada saat itu, Pentagon memprediksi bahwa keterlibatan AS dalam pertempuran untuk merebut Sirte akan berlangsung selama “beberapa pekan, bukan bulan”, demikian seperti dikutip dari laporan AFP.

Baca Juga:  Angkatan Udara Israel Serang Posisi Tentara Suriah di Perbatasan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan