​Pesawat Latih Jet L-39 Ukraina Jatuh Dekat Starokostiantyniv Ukraina

Dua pilot pesawat latih militer L-39 tewas dalam kecelakaan di wilayah Khmelnytsky di dekat kota Starokostiantyniv Ukraina, kata kepala dinas pers Komando Angkatan Udara Ukraina Roman Yurchylo kepada Interfax-Ukraina.

“Komunikasi dengan pesawat selama penerbangan pelatihannya hilang pada pukul 12:20. Pesawat L-39 jatuh di sekitar Starokostiantyniv. Dua pilot tewas,” katanya kepada agensi berita tersebut pada 29 September.

“Memang benar telah terjadi kecelakaan udara, dan ada kadet tahun ketiga dari Kharkiv Air Force University telah terbunuh,” kata petugas layanan pers Kementerian Pertahanan Ukraina kepada Interfax-Ukraina.

Dinas layanan pers tersebut mengatakan bahwa kadet tersebut telah melakukan 71 penerbangan sebelumnya.


Menurut pihak kementerian, penyebab kecelakaan itu masih belum diketahui. Kementerian Pertahanan telah menunjuk sebuah komisi untuk menyelidiki insiden tersebut.

Ukraina meng-grounded semua pesawat latih jet L-39 selama menunggu hasil penyelidikan, kata layanan pers kementerian tersebut.

L-39, yang dikembangkan di negara Cekoslovakia era komunis, telah digunakan sebagai pesawat latih di negara-negara anggota Commonwealth of Independent States selama bertahun-tahun. Ukraina mengembangkan versi modifikasinya, yaitu L-39M1.


Sumber : kyivpost.com (diterjemahkan dan diedit oleh TSM)

Baca Juga:  F-16 AU Belanda Gunakan BBM Biofuel Bekas Minyak Goreng, Indonesia Siap Menyusul?

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan