17 Pesawat Tempur TNI AU Latihan MOT di Riau

Latihan bersama Mission Oriented Training (MOT) digelar di Riau. Kegiatan diikuti 350 personel dengan 17 pesawat tempur. Puluhan pesawat tempur itu berjenis Hawk Black Panther 100/200 dan F16 Fighting Falcon.
Latihan dijadwalkan berlangsung pada 2-6 Juli 2018. Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin mengirim delapan pesawat F16 Fighting Falcon. Kemudian Skadron Udara 12 yang bermarkas di Lanud Roesmin Nurjadin mengirim empat unit jet tempur Hawk 100/200 Black Panther. Lalu lima Hawk 100/200 dari Skadron Udara 1 ditambah dengan satu Helikopter Puma TNI AU.

“Tiga Skadron Udara terlibat dalam MOT masing-masing dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dan Supadio Pontianak,” tutur Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama Age Wiraksono di Pekanbaru, Jumat (6/7).

MOT ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kemampuan prajurit diharapkan semakin baik. Khususnya dalam berkerja sama antara penerbang yang mengoperasikan alutsista dengan platform yang berbeda-beda. Latihan juga diharapkan bisa menjadi bekal dan pengalaman serta meningkatkan pemahaman para prajurit.


Kas Koopsau I Marsma TNI Henri Alfiandi sempat meninjau langsung latihan MOT. Dia menekankan pentingnya keselamatan seluruh prajurit yang terlibat dalam latihan.


Sementara itu, para personel yang terlibat dalam latihan reguler tersebut terdiri atas para penerbang dan ground crew. Lalu ada personel GCI (Ground Control Intercept) dari beberapa Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosek Hanudnas) hingga para pendukung lainnya.

Baca Juga:  Menhan Memastikan Jumlah Sukhoi Su-35 Yang Dibeli 11 Unit

Sumber: jawapos.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan