2 Batalyon Kodam XIV/Hasanuddin Diambil Alih Divisi III Kostrad

Alih Kodal,

Minggu, 15-07-2018
TSM-Komando dan Pengendalian (Kodal) Brigif 20/IJK Dam XVII Cendrawasih, Yon Armed 6/105/TRK/TMR dan Yon Arhanud 16/SBC Dam XIV Hasanuddin, diambil alih oleh Kostrad Kariango, Kamis (12/7/2018).

Alih kodal yang digelar di Markas Kostrad Kariango, Mandai, Maros, itu dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono.

Alih kodal Brigif 20/ IJK DAM XVII diserahterimakan oleh Pangdam XVII Cendrawasih, Mayor Jenderal TNI Supit.

Sementara, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI, Agus Surya Bhakti menyerahkan Yon Armed 6/105/TRK/TMR dan Yon Arhanud 16/SBC DAM XIV Hasanuddin.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono memimpin langsung upacara pengalihan komando dan pengendalian yang dihadiri Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus SB. Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI D Supit dan Panglima Divisi III/Kostrad Mayjen TNI Ahcmad Marzuki di Kostrad Kariango, Desa Sudirman, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Kamis (12/7). (sanovra/tribuntimur.com)

Panglima Divisi III Kostrad Kariango, Mayor Jenderal TNI, Ahmad Marzuki yang menerima penyerahan alih kodal tersebut.


Kasad Jenderal TNI Mulyono mengatakan, alih kodal dilakukan, sebagai bentuk penataan organisasi, pengembangan dan pembangunan kekuatan prajurit TNI AD.

“Ada beberapa satuan yang dilebur untuk bergabung ke Divisi tiga Kostrad. Makanya kekuatannya semakin maksimal. Setelah divisi dibentuk, maka satuan pendukung dan kekuatannya harus ditata kembali,” katanya.

Alih kodal harus dilakukan demi mempercepat proses operasional dari Divisi III.

Baca Juga:  HUT TNI Tahun Ini Disertai Demonstrasi Pertempuran Udara dan Laut

Personel Devisi III berasal satuan gabungan yakni Brigif 20/ IJK DAM XVII Cendrawasih, Yon Armed 6/105/TRK/TMR dan Yon Arhanud 16/SBC DAM XIV Hasanuddin.

Penataan dilakukan oleh TNI AD, bukan berdasar pada permasalahan yang bersifat darurat. Namun murni, dibentuk karena penataan organisasi.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono memimpin langsung upacara pengalihan komando dan pengendalian yang dihadiri Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus SB. Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI D Supit dan Panglima Divisi III/Kostrad Mayjen TNI Ahcmad Marzuki di Kostrad Kariango, Desa Sudirman, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Kamis (12/7).(sanovra/tribuntimur.com)

“Penataan merupakan hal yang baku bagi TNI AD. Kami inginkan, organisasi terus berkembang, dan ditata sesuai dengan kebutuhan. Kedepan, kami akan menata kembali personel yang dilebur ke Divisi tiga,” katanya.

Dengan lahirnya, Divisi III Kostrad, maka Kodam XVII Cendrawasih akan membentuj Brigade Mekanis, Para Raider dan Divisi Raider.

Sementara, Pangdam XIV Hasanuddin Makassar, Mayjen TNI Agus Surya Bhakti mengatakan, alih kodal yang dilakukan karena anggaran dan lahannya sudah siap.

Pembentukan Devisi III, membuat Kodam XIV Hasanuddin mengalami kekurangan prajurit. Namun hal tersebut tidak menjadi permasalahan yang serius.

“Kami akui, kekurangan personel. Tapi itu tidak menjadi masalah. Kami akan berkoordinasi dengan Pangkostrad soal itu,” katanya.

Sumber: tribunnews.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan