3 Kendaraan Lapis Baja Terbaru Pindad Akan Tampil Di HUT TNI ke-74

Pindad akan menampilkan tiga kendaraan tempur terbarunya di tengah perayaan Hari Ulang Tahun TNI pada 5 Oktober 2019 nanti. Tiga produk tersebut adalah Medium Tank yang dinamai Harimau, Kendaraan Tempur (ranpur) IFV Kobra 8×8 untuk pasukan infanteri, serta panser Bandak 6×6 untuk satuan kavaleri.

“Kobra ini yang paling baru,” kata Sekretaris Perusahaan PT Pindad, Tuning Rudyati seperti dikutip dari Tempo, Kamis, 3 Oktober 2019.

Tuning mengatakan, kendati Kobra tergolong paling baru, tapi pengembangannya nyaris berbarengan dengan Medium Tank Harimau.


“Sebenarnya berbarengan untuk 8×8 dengan medium tank, pengembangannya bersama-sama. Tapi kalau perjalanan medium tank ini panjang, dulu kita merakitnya 3 tahun karena memang teknologinya beda banget,” kata dia.


Ranpur Kobra 8×8 buatan Pindad

Pindad mengembangkan Ranpur 8×8 Kobra bekerja-sama dengan Republik Ceko. Pilihan kerja-sama tersebut sudah ditimbang dari berbagai segi. Mulai dari pemilihan teknologi, isu politik, hingga nilai ekonomi. “Dia sejenis dengan Panser 6×6, bukan tank, masih menggunakan roda,” kata Tuning.

Tuning mengatakan, spesifikasi Kobra berbeda dengan Panser 6×6 yang sudah lebih dulu dikembangkan oleh Pindad. “Ranpur 8×8 ini perbedaannya di mobilisasi. Misalnya mengangkut personil lebih banyak,” kata dia.

Tuning mengatakan, pengembangan Ranpur 8×8 Kobra sudah tuntas. Kobra bahkan sudah masuk dalam persiapan kontrak pemesanan pemerintah.

Departemen Korporat Komunikasi PT Pindad, Komarudin mengatakan, Harimau, Kobra, serta Badak tersebut akan mengikuti defile dalam perayaan Hari Ulang Tahun TNI yang akan dipusatkan di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Sabtu, 5 Oktober 2019. “Ini sudah ikut gladi defile,” kata dia saat dihubungi penulis, Rabu, 2 Oktober 2019.

Baca Juga:  KRI Malahayati-362 Segera Dimodernisasi Oleh PT PAL
Panser Badak buatan PT. Pindad

Komarudin mengatakan, Pindad menyiapkan masing-masing 1 unit Medium Tank Harimau, Ranpur 8×8 Kobra, serta Badak 6×6.

Sumber: tempo.co

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan