3 Pesawat Sukhoi Digeser Dari Makassar ke Lanud Iswahyudi Jawa Timur

Tiga pesawat tempur jenis Sukhoi digeser dari Skadron-11 Lanud Makassar ke Skadron Udara 14 (Skadud-14) di Lanud Iswahjudi, Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (7/2/2020).

Tiga pesawat Sukhoi tersebut dari jenis: 1 unit Su-27 dengan tail number TS-2701 dan 2 unit Su-30 dengan tail number TS-3001 dan TS-3002.

Kehadiran ini akan mengisi kekosongan di Skadron Udara-14 yang selama ini telah lama menganggur setelah pesawat F-5 Tiger dipensiunkan. Sedangkan kedatangan 11 pesawat Sukhoi Su-35 masih belum jelas kapan datangnya.

Sebagai satuan tempur buru sergap, keberadaan Skadud-14 sangat vital, terutama untuk mengintersep pesawat asing yang masuk tanpa izin.

Setibanya di Apron Skadron Udara 14, para penerbang Sukhoi yang dipimpin oleh Danskadron Udara 11, Lanud Hasanuddin, Letkol Pnb Wanda Surijohansyah ini, disambut langsung oleh Danlanud Iswahjudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra dan sejumlah pejabat utama lainnya.

Ketiga pesawat Sukhoi menjadi tambahan kekuatan di Lanud Iswahjudi. “Alhamdulillah ketiganya sudah mendarat hari ini dan kita sambut dengan Water Salute. Ketiga pesawat ini juga sudah dipasang logo Skadron Udara 14 pada sisi kanan dan kiri pesawat,” ucap Danlanud Iswahjudi.

Baca Juga:  Indonesia-Rusia Pererat Kerjasama Keamanan Melalui FKB ke-4