30 Helikopter Ka-52 Alligator Akan Perkuat AU Rusia

Angkatan Udara Rusia (VKS) akan diperkuat 30 helikopter intai serang Ka-52 Alligator, jumlah itu diproyeksikan akan dipenuhi tahun 2022. Heli dibuat oleh pabrik Progress Aviation Enterprise, bagian dari Russian Helicopters.

Setelah tahun 2022, AU Rusia juga akan berencana akan memesan 114 Ka-52M (versi upgraded Ka-52).

Helikopter Ka-52 disiapkan untuk melaksanakan misi penggempuran terhadap armada tank musuh, kendaraan non lapis baja, pasukan, maupun helikopter musuh pada beragam kondisi cuaca.

Sejumlah perlengkapan avionik modern telah melengkapi heli bersistem rotor utama koaksial ini. Heli dilengkapi sistem proteksi radio elektronik, pendistorsi aliran panas mesin, dan perangkat aktif kontra-elektronik musuh.

Ka-52 (sebutan NATO: Hokum B) merupakan pengembangan versi side-by-side dari helikopter kursi tunggal yang menjadi pendahulunya yaitu Ka-50 Black Shark. Prototipe Ka-52 terbang perdana pada 1997 dan seri produksinya mulai dibuat tahun 2008.

Usai menyelesaikan uji coba negara (state trials), Ka-52 mulai digunakan oleh Angkatan Udara Rusia pada 2011. Ka-52 juga dibuat versi untuk Angkatan Laut dengan rotor utama dan sayap bisa ditekuk, yaitu Ka-52K Katran.

Baca Juga:  Helikopter India Dhruv ALH Jatuh

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan