4 Fakta Ini Bikin Militer Amerika Tak Berdaya Melawan China dan Rusia

Sebuah temuan fakta menarik dilaporkan oleh Komisi Strategi Pertahanan Nasional yang dibentuk Kongres Amerika Serikat. Dalam laporanya, Komisi tersebut menyimpulkan bahwa kekuatan militer Amerika akan kalah jika bertempur melawan China maupun Rusia.

Laporan yang dilansir secara resmi oleh kantor berita BBC (15/11/2018) tersebut diklaim sebagai pandangan yang netral dan harus segera disikapi sebagai arah baru pertahanan Amerika Serikat.

Menurut analisis mereka, kekuatan dan teknologi militer Amerika sudah terkikis dalam beberapa tahun terakhir


“Keunggulan militer Amerika telah terkikis dalam tingkat yang sangat berbahaya. Tantangan yang harus ditangani jika tidak ingin keamanan nasional jadi taruhannya,” tulis laporan itu seperti dilansir dari BBC.

Pangkalan militer AS di Pearl Harbour Hawaii

Empat fakta berikut ini yang bikin kekuatan militer Amerika Serikat melemah dalam 1 dekade terakhir:

Pertama, anggaran pertahanan Amerika terancam dipangkas pada tahun 2018 dan 2019.


Kedua, pengiriman pasukan Amerika ke Irak dan Afganistan memberikan efek buruk. Pasalnya di sana mereka nyaris tak mendapat tantangan berarti

Begitu juga ancaman dari udara. Tak ada satu pun lawan yang bisa memberikan serangan udara yang berarti.

Ketiga, China dan Rusia telah mempelajari kekuatan militer Amerika dan juga melakukan peremajaan kekuatan militer mereka sendiri.

Keempat, Kedua negara tersebut telah sukses melakukan modernisasi militer berbasis kekuatan tradisional sekaligus menangkal Amerika di tempat yang mereka kuasai.

Baca Juga:  India Berhasil Uji Coba Rudal Jarak Jauh Nirbhay

Salah satu contoh adalah intervensi yang dilakukan Rusia di Ukraina menunjukkan kekuatan penghancur dari artileri Moskwa.

Ditunjang dengan peralatan yang canggih, mereka membuat tentara Ukraina tak berdaya sambil terus menyembunyikan kekuatan mereka.

Laporan itu juga memberikan apresiasi kepada pemerintahan Donald Trump yang mulai memfokuskan diri terhadap China dan Rusia. Persis sesuai janji kampanyenya, Makes America Great Again.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan