4 Kapal Boat Iran Provokasi 2 Kapal Nuklir Amerika Serikat

Setelah mengusir Rusia dari pangkalan udaranya, Kali ini kembali beraksi. Empat boat dari Garda Nasional Iran mengintersep kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh-Burke USS Nitze (DDG-94) yang beroperasi di perairan internasional di Selat Hormuz bersama kapal destroyer Arleigh-Burke lainnya, USS Mason (DDG-87) pada hari Selasa (23/08).Keduanya diintersep oleh empat boat Iran di dekat Selat Hormuz yang terletak di antara Teluk Oman dan Teluk Persia.

Saat transit di perairan internasional dekat selat Hormuz. Empat boat Korps Garda Revolusi Iran dengan kecepatan tinggi bermanuver mendekati keduanya, Stars and Stripes melaporkan Rabu (24/08).

Nitze mencoba untuk berkomunikasi dengan Iran melalui radio sebanyak 12 kali, namun tidak ada respon. Saat awak kapal Nitze menyalakan klakson kapal, sebagai sinyal didunia kelautan yang dimaksudkan untuk menyatakan bahwa kapal tidak memahami  tentang maksud kapal lainnya, tetap tidak ada respon.


 Kapal destroyer tersebut kemudian menembakkan sepuluh flare ke arah boat Garda Revolusi Iran, masih tanpa respon. Nitze terpaksa mengubah arah untuk menghindari tabrakan. Namun, setelah berjarak sekitar 300 yard dari Nitze, boat Iran pergi.


“Kami benar-benar berharap semua negara maritim untuk bertindak secara profesional sesuai dengan hukum internasional,” kata Cmdr. Bill Urban, pejabat urusan publik untuk US Naval Forces Central Command. “Angkatan Laut AS akan terus tetap waspada, dan dilatih untuk menanggapi secara profesional segala macam interaksi.” Urban menambahkan.

Baca Juga:  S-350E Vityaz, Sistem Pertahanan Udara Ringain Setangguh S-400 Buatan Rusia

Kejadian hampir serupa terjadi pada bulan Januari di mana dua kapal patroli Angkatan Laut AS masuk ke perairan Iran di Teluk Persia. Awak kapal ditangkap oleh Garda Revolusi Iran dan hampir memicu insiden internasional di tengah-tengah negosiasi nuklir Iran.
Video : www.youtube.com/watch?v=8Rv4YjgG19M

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan