4 Penerbang F-5 Tiger Terbang Solo dan Lulus Konversi Pesawat Tempur Sukhoi SU-30 MK2

Su-30 milik TNI AU. Foto: Puspen TNI AU

Seiring kebijakan alutsista TNI yang akan memensiunkan pesawat F-5 Tiger. Para pilot pesawat inteceptor tersebut menjalani pendidikan konversi ke pesawat tempur lainya seperti Sukhoi Su-30 yang dimiliki TNI AU. Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto, S.E, menutup pendidikan Konversi pesawat Sukhoi SU-30 MK2 angkatan ke-16, di Shelter Skadron Udara 11, Senin (27/2)

Empat penerbang tersebut adalah Mayor Pnb Reza Muryaji, Mayor Pnb M.Yunus, Mayor Pnb I Kadek Suta A. dan Mayor Pnb Apri Arfianto, yang merupakan siswa konversi pesawat Sukhoi angkatan ke-16 dan dinyatakan lulus terbang solo dengan pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK2. Selain memperkaya kemampuan para pilot TNI AU, ini juga bagian dari persiapan menyambut pesawat tempur Su-35 yang akan datang.

Dalam upacara tersebut, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Bowo Budiarto, S.E. memberikan ucapan selamat kepada keempat penerbang dan menyampaikan bahwa dengan berakhirnya pendidikan konversi dan keberhasilan terbang solo ini merupakan langkah awal dalam pengembangan karier dan profesi seorang penerbang sebelum menuju tahap berikutnya.

“Indonesia akan membeli pesawat tempur Sukhoi SU-35 guna memperkuat pertahanan wilayah udara NKRI, dimana kalian yang akan mengawaki pesawat tempur tersebut sehingga ilmu yang kalian peroleh dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri agar dapat menjalankan misi yang diemban”, tambah Danlanud.

Baca Juga:  Sekilas Pandang KN. Tanjung Datu Bakamla RI

Komandan Lanud Sultan Hasanddin juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komandan Skadron Udara 11 beserta jajarannya sehingga empat penerbang ini dapat mencapai keberhasilan terbang solo.


Upacara tradisi ini juga dihadiri Komandan Wing 5, para Kepala Dinas, Komandan Satuan jajaran Lanud Sultan Hasanuddin, para pejabat staf dan undangan lainnya. Pelaksanaan upacara dilanjutkan acara tradisi dengan pemecahan telur di atas kepala dan penyiraman air bunga. (sumber: tni-au.mil.id)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan