49 Produk Riset Prioritas Menristek sampai 2024

Menteri Riset dan Teknologi Bambang PS Brodjonegoro mengatakan Prioritas Riset Nasional (PRN) 2020-2024 menargetkan 49 produk riset dan inovasi yang meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia. Sebanyak 12 di antaranya masuk katagori barang ‘urgent’ (mendesak).

“Karena memang harus bisa menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat hari ini maupun sampai lima tahun ke depan,” kata Menristek Bambang dalam acara penyerahan simbolis dana prioritas riset nasional kepada Lembaga Penerima Insentif yang ditayangkan secara virtual di Jakarta, Jumat (17/7).

Dari 49 produk target tersebut, 12 produk target yang mendesak untuk diperoleh antara lain bahan bakar nabati (green fuel), drone atau Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) jenis Medium Altitude Long Endurance (MALE) kombatan. Selanjutnya, garam industri, pangan termasuk padi dan jagung, obat modern asli Indonesia (OMAI) dan stem cell, baterai lithium untuk kendaraan listrik, satelit, kapal datar, serta pesawat N219 amfibi.

Diantara program penting lainya adalah pengadaan garam industri yang diharapkan bisa mengurangi ketergantungan impor terhadap garam yang digunakan untuk keperluan industri. Saat ini, kebutuhan garam untuk industri dipenuhi dari impor.

“Dalam skema ini kita mengutamakan penggunaan garam rakyat untuk menggantikan peran garam impor tersebut,” tutur Bambang.

Sumber : republika.co.id

Baca Juga:  Demi Kapal Selam Impian Ini, TNI AL Bakal Dapat Anggaran Lebih Besar

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan