5 Pesawat Militer China Terobos Langit Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan secara resmi mengajukan protes terkait pelanggaran wilayah udaranya oleh China. Setelah lima pesawat militer China memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea Selatan-KADIZ sekitar Pulau Ieodo pada pukul 10:10 hari Senin  pagi (18/12/2017).

Pesawat-pesawat China diidentifikasi sebagai 2 unit pembom H-6, dua unit jet tempur J-11, serta satu unit pesawat pengintai TU-154. Pesawat China yang masuk ke wilayah KADIZ juga masuk ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara Jepang-JADIZ sebelum akhirnya kembali ke China pada pukul 01:47 siang hari Senin  dengan melintasi KADIZ.

Pasukan Korea Selatan yang mengetahui masuknya pesawat China ke Zona Identifkasi Pertahanan Udara langsung mengirim tim pesawat tempur yang terdiri dari F-15K dan KF-16.


Seoul memberi peringatan melalui hot-line kepada Beijing, namun Beijing menjawab bahwa penerbangan itu adalah latihan biasa, sehingga tidak akan masuk ke wilayah udara Korea Selatan.


Zona Identifikasi Pertahanan Udara ditetapkan untuk mencegah masuknya pesawat asing ke wilayah udara masing-masing negara. Untuk memasuki zona tersebut, harus mendapat izin dari otoritas militer negara terkait 24 jam sebelumnya.

Namun demikian, Kepala Staf Gabungan-JCS sedang menganalisis niat China yang menerbangkan pesawat militernya ke KADIZ tidak lama setelah KTT antara Korea Selatan dan China berakhir. (sumber: kbs)

Baca Juga:  Tank MBT Arjun, Tank Gagal Produksi Buatan India

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan