China Protes Latihan Militer dan Pengeboran Minyak Indonesia di LCS

China meminta Indonesia untuk menghentikan pengeboran minyak dan gas alam di wilayah maritim yang dianggap kedua negara sebagai milik mereka sendiri di Laut Cina Selatan, dalam laporan Reuters. Sebuah protes yang belum pernah terjadi sebelumnya, meningkatkan ketegangan atas sumber daya alam antara kedua negara di wilayah strategis dan ekonomi global yang bergejolak.

Surat protes dari China kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia dengan jelas mengatakan kepada Indonesia untuk menghentikan pengeboran di rig lepas pantai sementara karena itu terjadi di wilayah China, menurut Muhammad Farhan, seorang anggota parlemen Indonesia di komite keamanan nasional.

“Jawaban kami sangat tegas, bahwa kami tidak akan menghentikan pengeboran karena itu adalah hak kedaulatan kami,” kata Farhan kepada Reuters. Negara terbesar di Asia Tenggara itu mengatakan ujung selatan Laut Cina Selatan adalah zona ekonomi eksklusifnya Indonesia di bawah Konvensi PBB tentang Hukum Laut dan menamakan wilayah itu sebagai Laut Natuna Utara pada 2017. China keberatan dengan perubahan nama dan bersikeras bahwa jalur laut itu berada dalam klaim teritorialnya yang luas di Laut China Selatan yang ditandai dengan “sembilan garis putus putus” berbentuk U.

Farhan mengatakan bahwa China, dalam surat terpisah, juga memprotes latihan militer Garuda Shield 2021 antara Indonesia-Amerika Serikat.

Baca Juga:  Panglima TNI Janjikan Rumah untuk Prajurit TNI

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan