AD AS Pilih Sig Sauer P320 untuk Gantikan Pistol M9

Angkatan Darat Amerika Serikat pada hari Kamis (19/01) memberikan Sig Sauer kontrak senilai $ 580 juta untuk membuat pistol dinas berdasarkan pistol Sig Sauer P320 sebagai pengganti pistol Beretta M9.

Sig Sauer mengalahkan Glock Inc., FN America dan Beretta USA, pembuat pistol dinas saat ini M9 9mm, dalam kompetisi Modular Handgun System atau program MHS.

“Kami berdua merasa bangga bahwa P320 dipilih oleh Angkatan Darat AS sebagai senjata pilihan,” kata Ron Cohen, CEO dari Sig Sauer, mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Military.com pada pameran SHOT Show, pameran senjata api terbesar di dunia yang diadakan di Las Vegas.

“Memenangkan kontrak ini merupakan testimoni karyawan Sig Sauer atas komitmen mereka untuk inovasi, kualitas dan pembuatan senjata api yang paling dapat diandalkan di dunia,” tambah Cohen.

Kontrak 10 tahun tersebut mengharuskan Sig untuk memasok AD AS pistol tersebut dalam ukuran penuh dan versi kompak. Pistol tersebut dapat dilengkapi dengan peredam suara dan dapat mengakomodasi magazin standar dan extended capacity. Senjata api itu akan diproduksi di fasilitas perusahaan Sig di New Hampshire.

AD AS meluncurkan kompetisi XM17 MHS pada akhir Agustus 2015 untuk menggantikan pistol era Perang Dingin M9 9mm.

“Dengan memaksimalkan kompetisi penuh dan terbuka pada seluruh mitra industri kami, kami telah mengoptimalkan kemajuan sektor swasta dalam hal senjata api, amunisi dan magazin, dan hasil akhirnya akan memastikan sistem senjata yang jelas unggul untuk pasukan tempur kami,” kata Eksekutif Pengadaan AD Steffanie Easter dalam sebuah jumpa pers.

Baca Juga:  Tolak Tawaran Rudal Patriot Amerika, Turki Tetap Memilih S-400 Rusia

Salah satu tujuan utama dari program ini adalah untuk mengadopsi pistol yang menggunakan peluru yang lebih kuat daripada 9mm yang digunakan saat ini. Militer AS menggantikan pistol 1911 kaliber .45 dengan pistol M9 pada tahun 1985 dan mulai menggunakan peluru 9mm NATO pada waktu itu.

Dalam pernyataan mereka, pihak resmi Angkatan Darat AS dan Sig tidak menyebutkan kaliber berapa pistol Sig Sauer tersebut.

Sig menyebutkan produk Model P320 sebagai “modular” dan “adaptable”, dengan grip, ukuran dan kaliber yang dapat dipertukarkan dan dikonversi antara 9mm, .357SIG dan .40 S & W. “Dari kaliber, hingga ukuran pistol, hingga grip yang cocok untuk penembak, P320 adalah pistol yang paling mudah beradaptasi yang tersedia saat ini,” kata perusahaan dalam materi promosinya.

Dua narasumber mengkonfirmasi kepada Military.com yang Sig menyerahkan kepada Angkatan Darat AS pistol kaliber .40 dan 9mm untuk dipertimbangkan. Salah satu sumber mengatakan Angkatan Darat AS akhirnya memilih versi 9mm.

AD AS pada bulan Desember lalu telah menetapkan dua finalis untuk kompetisi tersebut yaitu: Sig dan Glock, yang mengajukan model Glock 17 dan Glock 19-nya untuk dipertimbangkan. Mengingat besarnya kontrak itu, Glock diperkirakan akan menyanggah keputusan pemberian kontrak tersebut.

Keputusan resmi tersebut secara formal akan mengakhiri 30 tahun pengabdian Beretta M9 sebagai pistol Angkatan Darat AS.

Baca Juga:  Dapat Tawaran F-16 Viper Dari AS, Vietnam Dapat Peringatan Dari Rusia

Sumber : TSM/military.com

1 Komentar

Tinggalkan Balasan