AD India Beli 118 Tank MBT Arjun Mk-1A Buatan Dalam Negeri

Menurut berita yang dimuat pada situs surat kabar “The Hindu”, India telah meluncurkan proses pengadaan 118 tank tempur utama (MBT) Arjun Mk-1A buatan dalam negeri India.

“Berkasnya saat ini ada di DeputiKepala Staf Angkatan Darat dan akan segera dikirim ke Staf Pertahanan Terpadu (IDS) untuk menangani hal ini. Rencananya akan diajukan ke Dewan Pengadaan Pertahanan (DPB) dan Dewan Akuisisi Pertahanan (DAC) pada Januari 2021,” kata sumber militer India.

Arjun adalah tank tempur utama generasi ketiga yang dikembangkan oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO) untuk Angkatan Darat India. Pengembangan tank dimulai pada tahun 1972 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kendaraan Tempur (CVRDE), laboratorium DRDO. Batch pertama dari 16 tank versi produksi Arjun diterima pada tahun 2004 dan tank tersebut dimasukkan dalam skuadron Resimen Lapis Baja 43. Resimen itu kemudian terdiri dari 45 tank pada 25 Mei 2009, menjadikannya resimen Arjun pertama Angkatan Darat India.

Arjun diawaki empat orang dan dipersenjatai dengan satu meriam 120 mm yang mampu menembakkan peluru APFSDS (penembus energi kinetik), peluru HE, HEAT, High Explosive Squash Head (HESH) dengan kecepatan tembak 6-8 peluru per menit. Meriam Arjun juga mampu menembakkan rudal LAHAT berpemandu laser semi-aktif yang dikembangkan Israel. Arjun dapat membawa 39 peluru dalam tabung tahan ledakan khusus. Persenjataan kedua dari tank ini mencakup senapan mesin anti-pesawat 12,7 mm yang dipasang pada turret palka komandan dan satu senapan mesin koaksial 7,62 mm.

Baca Juga:  Mesir Kembali Terima Kapal Induk Helikopter Dari Perancis

Turret dan glacis plate dilindungi dengan lapis baja komposit modular “Kanchan” (“emas”), yang namanya diambil dari Kanchan Bagh, Hyderabad, tempat Laboratorium Riset Metalurgi Pertahanan India (DMRL) berada. Kanchan dibuat dengan mengapit panel komposit antara Rolled Homogenous Armor (RHA) yang mampu mengalahkan peluru jenis APFDS (Armor-Piercing Fin-Stabilized Discarding Sabot) dan HEAT (High-Explosive Anti-Tank).

Arjun Mk-1A adalah versi upgrade dari Arjun Mark 1 yang memberikan lebih daya tembak, perlindungan, dan mobilitas yang lebih baik. Hull dan turret Arjun Mk.1A telah dimodifikasi untuk memberikan siluet yang lebih rendah sehingga pendeteksiannya menjadi lebih sulit, selain itu tank Arjun yang baru juga mendukung amunisi jenis Thermo-Baric (TB) dan Penetration-Cum-Blast (PCB) yang baru dikembangkan.

Arjun Mk-1A dilengkapi dengan Gunner’s Main Sight (GMS) yang ditingkatkan yang terintegrasi dengan Automatic Target Tracking (ATT) yang semuanya terhubung ke sistem fire control terkomputerisasi yang meningkatkan kemampuan bunuh pada peluru pertama yang menjamin penembakan yang akurat bahkan dalam kondisi buruk.

Panoramic sight CPS Mark II terintegrasi dengan thermal imaging tanpa pendingin, kamera penglihatan malam dengan perangkat penglihatan binocular dan pengukur jarak laser memberikan kemampuan hunter-killer tingkat tinggi. Untuk meningkatkan mobilitas karena peningkatan tambahan berat, Advanced Running Gear System (ARGS) telah dikembangkan dimana sistem suspensi hidropneumatik didesain ulang sepenuhnya untuk meningkatkan kelincahan.

Sumber : armyrecognition.com/FP TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan