AD India Terima 3 Helikopter Druv dan Rudra Buatan Dalam Negeri

Sebagai negara dengan wilayah perbatasan yang panjang dengan topografi pegunungan, Angkatan Darat India memerlukan helikopter angkut yang mampu memobilisasi pasukan dengan cepat.

Untuk memenuhinya, AD India telah mulai menerima Helikopter ALH MK III Druv dan MK IV Rudra buatan Hindustani Aeronautics Limited (HAL).

Pengiriman ini bagian dari kontrak pembelian pada September 2017, Kemenhan India telah memesan 22 Helikopter MK III Druv dan 18 MK IV Rudra senilai 858 juta dollar Amerika.

Advanced Light Helicopter (Dhruv) adalah helikopter generasi baru multi-peran di kelas berat 5,5 ton, dirancang dan dikembangkan sendiri oleh HAL. Ditenagai oleh dua mesin Shakti, helikopter ini memberikan kinerja yang baik.


Helikopter ini cocok untuk perjalanan berkecepatan tinggi untuk pengerahan secara cepat dan untuk memaksimalkan area operasi. Helikopter versi dasar diproduksi dalam versi skid dan roda. Dalam versi beroda, opsi tersedia untuk undercarriage tetap dan retractable.

ALH Mk IV yang bersenjata, juga dikenal sebagai Rudra, akan bergabung dengan Angkatan Darat dan Angkatan Udara India pada tahap selanjutnya. Rudra berbobot 5,8 ton ditenagai oleh dua mesin Shakti dan peran utamanya adalah sebagai platform senjata anti-tank, scout, dukungan tembakan udara kepada para prajurit di darat, armed reconnaissance and surveillance, pengawalan dan sebagai platform peperangan.


Sumber : theweek.in, Army-technology, TSM Angga Saja

Baca Juga:  Rusia Berterima Kasih Pada CIA Setelah Gagalkan Serangan Teroris

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan