AD Jepang Mulai Gunakan Pesawat V-22 Osprey

Pasukan Pertahanan Darat Jepang (JDSDF), atau Angkatan Darat Jepang, resmi mulai mengoperasikan pesawat terbang lepas landas vertikal V-22 Osprey.

Keberadaan pesawat yang dipesan dari Amerika sejak tahun 2016 itu dipamerkan dalam akun Twitter resmi AD Jepang.

Postingan akun Twitter “JGSDF” mengatakan bahwa: “Pilot tengah mempelajari manuver V-22 dengan menggunakan JGSDF V-22 di USMC New River Airfield. Ini adalah pertama kalinya dilakukan penerbangan formasi dengan USMC, USAF, Angkatan Laut AS dan JGSDF secara bersama-sama dan ini memperdalam interoperabilitas antara Jepang dan AS.”

Pemerintah Jepang berencana untuk mengakuisisi varian operasi khusus dari pesawat tilt-rotor V-22 Osprey untuk Pasukan militer guna menunjang misi berbahaya dan rahasia di luar negeri, seperti penyelamatan warga Jepang, menurut para narasumber.


JGSDF akan menerima varian V-22B Block C, pesawat yang sama dalam kedinasan Korps Marinir AS yang dikenal sebagai MV-22. Osprey Block C memiliki radar baru, juga manajemen misi tambahan dan peralatan peperangan
elektronik.

Jepang memesan lima Osprey pertama untuk Pasukan Bela Diri Darat Jepang pada Juli 2015 senilai $ 332 juta

.


Sejumlah V-22 juga akan ditempatkan di kapal induk Pasukan Bela Diri Maritim Jepang yang baru Izumo. Kementerian Pertahanan Jepang juga mengumumkan niatnya untuk mengerahkan beberapa V-22 di Laut Cina Timur.

Pembelian pesawat tilt-rotor V-22 adalah bagian dari kebutuhan Pasukan Bela Diri Jepang untuk meningkatkan kemampuan perang amfibi dan perang lautnya.

Baca Juga:  Cegah Invasi Israel, TNI Ikut Siaga di Perbatasan Lebanon

Sumber : defence-blog.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan