AD Polandia Terima Upgrade Tank Leopard 2PL Pertama, Lisensi Dari Jerman

Photo Courtesy Polska Grupa Zbrojeniowa

Pabrikan senjata asal Polandia, Polska Grupa Zbrojeniowa mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan proses pembangunan dua tank tempur Leopard 2PL pertama yang ditingkatkan untuk Angkatan Darat Polandia.

“Tiga tank berikutnya akan selesai minggu ini,” kata press rilis berita itu. “Produksi kendaraan secara resmi telah menyelesaikan tahap penting dalam program ini, memungkinkan dimulainya pengiriman batch berikutnya dari Leopard 2PL terbaru.”

Selama dua minggu terakhir, pekerjaan yang sangat intensif telah dilakukan untuk menyelesaikan tes tank Leopard 2PL dan mulai mengirimkan kendaraan ke Angkatan Darat.

Minggu ini, batch pertama Leopards 2PL telah diambil AD Polandia dari pabrik Zakłady Mechaniczne “Bumar-Łabędy” S.A. di Gliwice. Tank-tank tersebut selanjutnya dikirim ke Brigade Kavaleri Lapis Baja ke-10 yang ditempatkan di Świętoszów.

Photo Courtesy Polska Grupa Zbrojeniowa

Program Leopard 2PL bertujuan untuk secara signifikan meningkatkan kemampuan tempur tank Leopard 2A4 yang digunakan di Angkatan Bersenjata Polandia, termasuk dalam hal daya tembak, perlindungan balistik dan adaptasi situasional, serta kenyamanan kru. Proyek ini melibatkan industri pertahanan Polandia.

Menurut Defence24.com, inti dari program modernisasi adalah kompromi dari tiga faktor berikut: biaya, berat kendaraan dan peningkatan kemampuan.

Bekerja sama dengan Polska Grupa Zbrojeniowa (PGZ) Polandia dan ZM Bumar-Łabędy S.A., Rheinmetall berfungsi sebagai mitra strategis, memasok komponen kunci termasuk elektronika dan teknologi senjata.

Selama proses modernisasi, 142 Leopard 2 A4 tank tempur utama yang dibeli pada tahun 2002 oleh Angkatan Darat Polandia akan ditingkatkan menjadi Leopard 2 PL standar, yang setara dengan Tank Leopard 2A5 dan A6 milik Jerman. Ditargetkan proyek ini selesai pada 2023.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan