AD UEA Uji Kendaraan Patria AMV 8×8 dengan Turret BMP-3 dalam Pertempuran di Yaman

Angkatan Darat Uni Emirat Arab (UEA) menguji varian baru kendaraan tempur Patria AMV (Armored Modular Vehicle) buatan Finlandia, yang dilengkapi dengan modul tempur kendaraan tempur infanteri BMP-3 yang berasal dari Rusia, dalam intervensinya ke Yaman, sumber militer Arab mengatakan kepada TASS.

“Militer UEA secara aktif menguji Patria AMV dengan turret BMP-3 di lingkungan tempur di Yaman. Kombinasi sasis yang berasal dari Finlandia dan modul tempur yang berasal dari Rusia sangat efektif. BMP-3 berbeda diantara IFV lainnya dalam hal daya tembak, karena persenjataannya yang kuat, yang terdiri dari meriam/peluncur rudal 100 mm dan meriam otomatis koaksial 30 mm,” kata narasumber itu.

Kendaraan tempur AMV dikembangkan oleh perusahaan Patria Finlandia. Varian yang dilengkapi dengan turret BMP-3 memiliki hull yang lebih panjang. Patria AMV yang dilengkapi dengan turret BMP-3 diresmikan untuk pertama kalinya pada pameran pertahanan IDEX di Abu Dhabi pada bulan Februari 2007.


Pada Februari 2016, Patria Group mengumumkan lisensi ekspor untuk menjual sejumlah kendaraan lapis baja Patria AMV 8×8 ke Uni Emirat Arab (UEA). Patria AMV telah digunakan di Afghanistan, Chad dan juga berpartisipasi dalam operasi yang dipimpin Saudi di Yaman.


Pada bulan Desember 2017, Army Recognition telah merilis informasi tentang penggunaan kendaraan lapis baja Patria AMV 8×8 oleh angkatan bersenjata UEA selama serangan terhadap Houthi di pantai Barat Yaman.

Baca Juga:  FEDOR Robot Terminator Serbaguna Buatan Rusia

Patria AMV yang digunakan oleh angkatan bersenjata UEA dalam operasi tempur di pantai Yaman Barat ketika itu, dilengkapi dengan RCWS yang dipersenjatai dengan senapan mesin berat 12,7 mm. Untuk meningkatkan perlindungan kendaraan, armor slat ditambahkan di setiap sisi hull untuk perlindungan lebih besar terhadap ancaman RPG.

Sumber : armyrecognition.com, TSM Angga

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan