Ada Apa Ini? Rusia Minta 3 Pesawat Tua Mig-21 Bison Dari India

Pesawat tua AU India, MiG-21 pernah mendapat upgrade spesial dari Rusia melalui program MiG-21 Bison. Namun sekarang, kabarnya India meminta 3 pesawat MiG-21 milik AU India untuk diserahkan ke Moskow, ada apakah gerangan?

India sendiri siap memberikan tiga jet tempur MiG-21 ke Rusia, persetujuan itu akan diteken pada pertemuan bilateral India-Rusia yang akan dihelat di New Delhi pada pekan ini.

“Tiga MiG-21 dijadwalkan akan diserahkan kepada Rusia berdasarkan permintaan dari Menteri Pertahanan mereka kepada Menteri Pertahanan kami. Pesawat-pesawat itu terdiri dari satu pesawat MiG-21 Type 75 dan dua pesawat MiG-21 Type 77 ,” laporan berita harian The Hindu Sabtu (29/09).

Pesawat juga akan mendapatkan nomor registrasi baru, dan dapat diadopsi untuk penerbangan vintage. Namun, tidak jelas bagaimana Rusia bermaksud akan menggunakannya, harian berita tersebut melaporkan.


Presiden Rusia Vladimir Putin akan berada di New Delhi pada tanggal 4 dan 5 Oktober untuk pertemuan puncak tahunan dengan Perdana Menteri Narendra Modi.


Pesawat yang akan diberikan berada dalam kondisi layak terbang dan biaya pengemasan dan transportasi akan ditanggung oleh Rusia, kata pejabat India lainnya.

Pemberian ini akan menjadi isyarat simbolis untuk menunjukkan kemitraan strategis antara India dan Rusia, yang mengalami dalam beberapa waktu terakhir karena perubahan kondisi geopolitik.

Sumber : defenseworld.net/TSM/Angga

Baca Juga:  Xi Jingping : Tahun 2050 China Akan Kuasai Dunia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan