Ada Berapa Rudal Tomahawk Yang Dibawa Kapal Selam Ohio-Class?

Empat kapal selam SSGN Ohio-class, yang dikonversi dari SSBN memiliki kapasitas total untuk membawa misil jelajah BGM-109 Tomahawk sebanyak 154 unit. Terdapat 22 tabung misil di setiap kapal selam Ohio-class SSGN, dimana satu tabung tersebut bisa menyimpan Tomahawk sebanyak 7 unit. Akan tetapi, sebenarnya ada berapa banyak dari tabung tersebut yang terisi dalam sebuah deployment tipikal?

Sebuah artikel yang dirilis oleh US Navy untuk mengabarkan deployment USS Ohio di bulan September 2009 memberikan gambaran untuk jumlah misil yang dibawa SSGN tersebut.

“We typically go to sea with over 100 tomahawk missiles, and that basically replaces a tomahawk missile inventory of three surface warships,” ucap Capt. Murray Gero, commanding officer Blue Crew USS Ohio saat memberikan keterangan dalam artikel tersebut.

“This increases the flexibility of the surface fleet, because we basically allow them to reassign those three ships as soon as we get into our operating theater.”

“Lebih dari 100 misil Tomahawk” berarti antara 14-16 tabung terisi penuh, dengan jumlah total sekitar 98 sampai 112 misil. Ini artinya masih ada 6 hingga 8 tabung lagi yang dibiarkan kosong, atau dialihfungsikan sebagai tempat penyimpanan. Tabung 3-10 dapat dikonfigurasi ulang menjadi tempat penyimpanan, dan semua tabung tersebut dapat dijadikan berthing area untuk 66 personnel pasukan khusus. Kapasitas maksimal pasukan khusus yang dapat diakomodasi di berthing area tersebut adalah 102 personnel. Tabung misil Ohio-class SSGN juga dapat dimanfaatkan untuk membawa Autonomous Undersea Vehicle (AUV) dan kedepannya, UAV yang diluncurkan dari kapal selam.

Baca Juga:  Empat Prajurit PBB di Mali Tewas Diserang Milisi

Sumber:

-Lihhting II Chan /Hex

https://www.navy.mil/submit/display.asp?story_id=46012

https://www.thedrive.com/the-war-zone/31121/how-the-ohio-class-guided-missile-sub-was-born-and-why-theyre-much-more-than-meets-the-eye

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan