Ada Peran Israel Dalam Pembunuhan Jenderal Iran

Israel dilaporkan turut membantu Amerika Serikat (AS) dalam mengeksekusi Jenderal Iran, Qossem Soleimani pada 3 Januari 2020.

Dalam siarang berita NBC News Jumat (10/1/2020), intelijen AS mendapat informasi pesawat Aibus A320 milik maskapai Suriah Cham Wings Airlines yang ditumpangi Soleimani telah mendarat di Baghdad secara lengkap dari intelijen Israel.

Dari informasi tersebut serangan eksekusi dilancarkan oleh AS. Keberadaan Soleimani selama ini sangat sulit di deteksi oleh intelijen AS maupun Israel. Karena peranya sebagai “keymaker” dari berbagai konflik sektarian Syiah-Sunni di Timur Tengah. Walaupun dia sering mengunjungi Yaman, Irak, Suriah dan Bahrain untuk mengkonsolidasi kekuatan milisi Syiah.

Sebelum serangan Washington juga disebut hanya memberi tahu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengenai kebijakan mereka untuk menggelar serangan. Karena sebagai negara musuh Iran dan Suriah, untuk mengantisipasi ancaman serangan balasan ke Israel.

Karena itu sebelum bertolak ke Yunani, Netanyahu sempat menyatakan “kejadian yang sangat dramatis” bakal terjadi di Timur Tengah.

“Kita tahu kawasan kita ini panas. Bakal terjadi kejadian sangat dramatis,” katanya di Bandara Ben Gurion, dikutip The Times of Israel. Netanyahu melanjutkan, jajarannya bakal meningkatkan kewaspadaan dan memonitor serta mendiskusikannya dengan AS.

Baca Juga:  Lockheed Martin Kembangkan EW Pod untuk Helikopter MH-60 untuk Lindungi Kapal dari Rudal Anti-Kapal

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan