Afghanistan Terima Batch Pertama Helikopter Black Hawk

Angkatan Udara Afghanistan pada tanggal 18 September menerima batch pertama yang terdiri dari empat pesawat helikopter Sikorsky UH-60 Black Hawk.

Pengiriman yang diumumkan pada hari yang sama di halaman Facebook Wing Ekspedisi ke-438 (EAW), menampilkan gambar helikopter UH-60 tiba di Kandahar Airfield di Afghanistan selatan diturunkan dari pesawat angkut Boeing C-17A Globemaster III milik Angkatan Udara AS.

AU Afghanistan direncanakan akan menerima 53 Black Hawk dimana Amerika Serikat melakukan transisi armada angkatan bersenjata negara tersebut dari sekitar 80 helikopter Mil Mi-17 ‘Hip’ buatan Rusia. Pesawat helikopter bekas Angkatan Darat AS ini telah menjalani refurbish dan upgrade besar sebelum dikirim ke Afghanistan. Tidak disebutkan mengenai jadwal pengiriman helikopter-helikopter berikutnya.


Seperti yang dicatat oleh 438th EAW Train, Advise, Assist, Command-Air (TAAC-Air), pengadaan Black Hawk tersebut adalah bagian dari peningkatan kemampuan AU Afghanistan yang lebih luas yang akan berlangsung dalam beberapa bulan mendatang. Rencana ini melibatkan tujuh sistem senjata yang berbeda, 14 program, dan lebih dari 20 kontrak besar. Pada bulan September, salah satu aspek pertama dari rencana tersebut diungkapkan dengan pengumuman bahwa AU Afghanistan akan menerima 30 MD Helicopters Inc (MDHI) MD
530F Cayuse Warrior untuk serang ringan dan intai helikopter yang menambah 26 helikopter sejenis yang telah beroperasi.


Sumber : janes.comusnews.com (diterjemahkan dan diedit oleh TSM)

Baca Juga:  Marinir TNI AL Uji Coba Radar Hughes

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan