Akan Latihan Bareng India, Kostrad Tingkatkan Kesiapan Prajurit

Batalyon Infanteri Para Raider 501 Kostrad sedang menyiapkan diri untuk menghadiri undangan Latihan Bersama (Latma) dengan Indian Army yang bertajuk “Exercise Garuda Shakti-V/2017”. Latma tersebut akan digelar di Nhan Camp, India.

Latma ini bentuk kerjasama bilateral antara Indonesia dengan India, terutama dibidang militer, yang bertujuan untuk menjalin dan meningkatkan hubungan kerjasama antara TNI-AD dengan Indian Army serta meningkatkan profesionalitas keprajuritan.

Kerjasama dalam latma antara India-Indonesia dilaksanakan setiap tahun secara bergantian tuan rumahnya. Pada tahun 2016 Indonesia menjadi tuan rumah di Magelang, Jawa Tengah. Makanya untuk tahun ini, giliran Indian Army yang akan menjadi tuan rumah, tepatnya pada tanggal 20 Maret sampai 2 April 2017 mendatang.

Sebelum berangkat ke India, para prajurit dibekali dengan latihan Pra Latma terlebih dahulu di Cilodong, Depok. Kegiatan ini diikuti oleh 45 orang prajurit yang berasal dari beberapa satuan meliputi, Kostrad yang diwakili Yonif Para Raider 501 Kostrad sebanyak 29 orang, Kopassus 13 orang dan Penerbad 3 orang.

Latihan yang diselenggarakan dari tanggal 9 sampai dengan 15 Maret lalu, dipimpin oleh Komandan Yonif Para Raider 501 Kostrad Letkol Inf Edy Widyanto, S.Sos. selaku Komandan Latihan. Adapun materi yang dilaksanakan antara lain Menembak Reaksi, Pertempuran Jarak Dekat, Demolisi, Sanjak, Survival, Patroli serta Mobud (Fast Roping dan Rappelling).

“Kegiatan Pra Latma ini dilaksanakan dalam rangka mendukung lancarnya pelaksanaan Latma di India nanti, untuk itu saya berpesan kepada tiap-tiap perorangan agar mengerti akan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Ini adalah event Internasional dan merupakan kebanggaan bagi kita yang dapat mengikutinya”, tegas Edy.

Baca Juga:  Kekuatan TNI Saat Ini Punya Nilai Tawar di Mata Asing

sumber: puspen TNI

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan