Aksi Heroik Prajurit TNI Selamatkan Warga Terseret Banjir

Tindakan anggota TNI ini tergolong berani ketika melihat ada seorang warga hanyut sejauh 500 meter akibat terseret arus deras banjir yang membawanya ke anak sungai Welang hingga nyaris tenggelam dia tanpa memperdulikan keselamatannya spontan berenang memberikan pertolongan, Kamis (22/2).

Anggota TNI tersebut bernama Sertu Moch. Waki anggota Koramil 25/Gading Rejo Kodim 0819 Pasuruan. Saat dikonfirmasi oleh Infokomando melalui ponselnya, Dia menceritakan kronologinya yang berawal dari ketika dirinya diminta oleh rekannya untuk menuju lokasi banjir yang sudah jadi langganan didaerah Kraton Pasuruan.

Namun sesampainya dilokasi, pria yang pernah menjadi bagian dari pasukan elit Yonif 500/Raider ini mendengar suara ramai warga minta tolong karena ada orang hanyut terbawa arus banjir. Seketika itu dia langsung menuju lokasi dan berenang mengikuti arus untuk mengejar warga malang tersebut hingga tersangkut di pohon pisang.


Sambil berteriak dia berusaha mencari posisi warga yang terbawa arus, beruntung Sertu Waki memiliki kemampuan berenang yang sangat baik sehingga berhasil menjangkau korban kemudian menyeretnya ke pinggir untuk dievakuasi.

Sejumlah saksi mata menerangkan jika korban yang diketahui bernama Sugeng tersebut terbawa arus berawal dari upayanya mencari HT (alat komunikasi) milik polisi yang jatuh ke dalam air saat membantu warga. Padahal polisi tersebut sudah merelakannya karena tidak mungkin bisa ditemukan, akan tetapi Sugeng terus berusaha mencarinya.

Baca Juga:  Pasukan PBB TNI Garuda Renovasi Jembatan di Desa Sibut-Afrika

Namun naas, arus yang deras menyeretnya hingga sejauh 500 meter dan mengarah ke anak sungai Welang. Beruntung Sertu Waki ada dilokasi dan langsung memberikan pertolongan dengan cara berenang.

“Alhamdulilah saya bisa berenang pak, jadi bisa menjangkau korban karena saat itu korban sudah mulai timbul tenggelam di air.” jelas pria lulusan Tamtama 1997 tersebut.


Sebelumnya Desa Kraton, Pasuruan merupakan salah satu daerah yang memang sudah sering jadi langganan banjir sehingga tidak jauh dari lokasi selalu disiagakan personel dari TNI dan Polri serta unsur lainnya untuk memberikan bantuan pada warga yang terdampak banjir.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan