AL Amerika Pantau Pesawat Latih T-X Buatan Boeing dan Saab

Angkatan Udara Amerika Serikat (AU US) telah memilih pesawat latih baru, T-X buatan kolaborasi antara pabrikan Boeing dan SAAB Swedia. Kedua pabrikan mendapatkan kontrak tahap pertama senilai 9,2 miliar dolar AS.

AU AS membutuhkan 351 jet latih T-X dan 46 simulatornya. Dalam kesepakatan dikatakan, kebutuhan ini bisa meningkat menjadi 475 pesawat dan 120 simulator.

Sekarang giliran Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS/US Navy) dan Korps Marinir Amerika Serikat (Korps Marinir/USMC) yang membutuhkan pesawat latih baru untuk menggantikan T-45 Goshawk.

Letjen Steven Rudder, Wakil Komandan Korps Marinir untuk Penerbangan USMC seperti dikutip Defense News, Selasa, menyatakan, pihaknya mempunyai kebutuhan untuk mengganti T-45 dan kemudian F-5.


Kalau AL AS dan Korps Marinir juga menentukan pilihan pada T-X nantinya, tulis Defense News, maka akan ada penambahan ratusan unit produksi pesawat ini. Tentunya, kontrak yang didapat oleh Boeing pun akan bertambah. Hal ini sekaligus memberikan keuntungan pada biaya produksi yang lebih rendah.


Untuk AU AS, Boeing akan menyerahkan pesawat dan simulatornya pada 2024. Dijadwalkan pada tahun itu pula pesawat ini sudah siap digunakan oleh skadron penggunanya.

Banjir order si Boeing nih. Lumayan untuk menutupi cacat produksi pesawat sipil 737 Max.

Baca Juga:  China Kerahkan Jet Tempur Su-35 ke Laut China Selatan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan