AL Australia Luncurkan Kapal Patroli Lepas Pantai Kelas Arafuru

Departemen Pertahanan Australia (DoD) mengumumkan pada 16 Desember peluncuran kapal patroli lepas pantai (OPV) kelas Arafura pertama Angkatan Laut Australia (RAN).

Kapal – diluncurkan di Galangan Kapal Angkatan Laut Osborne di Australia Selatan – adalah yang pertama dari 12 OPV untuk menggantikan kapal patroli kelas Armidale dan kelas Cape milik RAN.

Menteri Pertahanan Peter Dutton mengatakan peluncuran itu merupakan “langkah maju” dalam melindungi perbatasan Australia dan kepentingan lepas pantai.

“OPV kelas Arafura mewakili masa depan perlindungan perbatasan Australia dan akan menjadi aset utama untuk patroli maritim dan tugas tanggap,” katanya.

Kapal baru dipesan dari perusahaan kapal Jerman Luerssen pada Januari 2018 di bawah kontrak AUD3,6 miliar (USD2,6 miliar).

Keel pertama untuk kapal pertama, bernama Arafura, ditetapkan pada Mei 2019. Kapal itu diharapkan akan ditugaskan pada 2022, meskipun jadwal ini dipengaruhi oleh pandemi Covid-19.

Dua OPV pertama di kelas ini sedang dibangun oleh galangan Kapal Luerssen milik Australia sendiri dan mitranya galangan kapal ASC di negara bagian Australia Selatan.

Baca Juga:  AU Malaysia dan India Merana Karena Pesawat Buatan Rusia Enggak Bisa Terbang

1 Trackback / Pingback

  1. Australia Pilih Upgrade Pesawat Latih Tempur BAE Hawk Daripada Beli Baru – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan