AL Filipina dan AL Amerika Latihan Bersama

Iterasi ke-33 dari Philippines amphibious landing exercise (PHIBLEX 33) akan berlangsung di beberapa lokasi di Luzon dan Palawan antara tanggal 04-12 Oktober.

Menurut media lokal, empat kapal Angkatan Laut Amerika Serikat sudah tiba di Subic Bay Freeport. Kapal kargo kering kelas Lewis dan Clark USNS Washington Chambers (T-AKE-11), kapal expeditionary fast transport kelas Spearhead USNS Millinocket (T-EPF-3), kelas survei oseanografi kelas Pathfinder USNS Bowditch (T-AGS) dan kapal submarine tender USS Frank Cable (AS-40) telah berada di pelabuhan menjelang latihan tersebut.

Upaya bantuan sipil kemanusiaan, latihan pendaratan amfibi dan latihan penembakan dengan amunisi hidup dengan artileri merupakan kegiatan dalam program PHIBLEX 33. Latihan ini akan melibatkan  sekitar 1.400 anggota militer AS yang berbasis di Okinawa, Jepang dan 500 personil Angkatan Bersenjata Filipina, bekerja sama untuk mengasah kemampuan dan agar lebih dapat mempersiapkan untuk beroperasi bersama-sama pada saat bencana alam atau konflik bersenjata.


USS Bonhome Richard

“Kesempatan untuk berlatih dan membangun kemampuan yang saling menguntungkan dengan Angkatan Bersenjata kami dengan mitra Filipina sangat penting untuk mengasah kemampuan bilateral amfibi dan bantuan kemanusiaan kami, dimana keduanya merupakan keunggulan dari Korps Marinir AS” kata Brigjen. Jenderal John M. Jansen, Komandan Jenderal 3rd Marine Expeditionary Brigade.
 “Bertukar pengetahuan dan menjaga hubungan dengan sekutu keamanan lama kami akan menjadi landasan untuk keamanan dan stabilitas di kawasan, seperti halnya yang terjadi puluhan tahun belakangan ini.”

Porsi bantuan kemanusiaan dan sipil dari latihan, dimulai pada bulan September dan berakhir pada 12 Oktober, termasuk proyek-proyek pembangunan untuk meningkatkan infrastruktur dan kesehatan warga setempat dengan bertukar best practice di bidang medis dan dengan melengkapi kebutuhan medis warga Filipina. 

Latihan lapangan akan meliputi latihan menembak amunisi hidup dengan senjata perorangan  dan artileri yang akan memberikan unit Marinir AS dan Filipina kesempatan  untuk memelihara dan mempertajam keterampilan mereka sekaligus meningkatkan interoperabilitas antara kedua pasukan.

Unit tambahan AS yang akan berpartisipasi dalam latihan tersebut termasuk diantaranya Amphibious Squadron 11, 31st Marine Expeditionary Unit dan tiga kapal dari Bonhomme Richard Amphibious Ready Group (BHR ARG). ARG terdiri dari USS Bonhomme Richard (LHD 6), USS Green Bay (LPD-20), dan USS Germantown (LSD-48). Unit Filipina yang terlibat termasuk 3rd Marine Brigade dan strategic sealift vessel baru Angkatan Laut Filipina, BRP Tarlac. navaltoday.com

BRP Tarlac, kapal ini made in Indonesia
Advertisements

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan