Alasan Marinir AS Dipisah Dari AL AS?

Lazimnya, korps marinir dibawah matra Angkatan Laut. Seperti halnya Korps Marinir TNI yang dibawah naungan TNI AL.

Marinir di jajaran militer Amerika Serikat ternyata beda. Marinir (US. Marine Corps /USMC) menjadi angkatan matra ke-6 berdiri sendiri di luar Angkatan Laut (US.Navy)

lalu apa alasan Marinir itu terpisah dari Angkatan Laut?

Seiring berkembangnya zaman, tugas tugas pokok Marinir mengalami perbedaan perbedaan mencolok ketimbang Angkatan Laut, sesuai dengan rincian Title 10 of the United States Code menguraikan tugas tugas USMC yang dimana mereka banyak melakukan tindakan non-Angkatan Laut.

Ini seperti USMC digambarkan sebagai sebuah infanteri setiap operasi Angkatan Laut dalam perang amfibi dimana tindakan tersebut bersifat ekspedisi di daratan, sedangkan Angkatan Laut bertugas mengontrol laut dan udara hingga membersihkan pantai untuk membuka jalan pendaratan amfibi.

Meski USMC dan USN terpisah dari cabang layanan, namun mereka saling melengkapi satu dengan lainnya, terbukti dengan baik USMC dan USN berada di bawa Departemen Angkatan Laut Amerika Serikat sejak 1834 untuk mempermudah koordinasi antar cabang layanan.

Di luar tugas pokok diatas, jumlah personel USMC yang besar dan mendukung sifat agresifitas Amerika Serikat tentu juga menjadi alasan Marinir menjadi cabang layanan mandiri, saat ini mereka memiliki hampir 200 ribu personel dengan 321 unit pesawat tempur, 679 helikopter, 403 main battle tank dan 19.600 unit kendaraan lapis baja beroda lainnya.

Baca Juga:  Pakistan Pesan 4 Kapal Perang Korvet dari Turki

USMC juga mampu bertugas untuk merebut atau mempertahankan suatu wilayah yang tak bisa dijangkau oleh U.S Army, serperti dalam Perang Pasifik dimana Marinir berjasa dalam merebut pulau ke pulau milik Jepang. Namun kenapa di Normandy, Amerika Serikat tidak menggunakan Marinir?

Tentu, untuk merebut sebuah wilayah yang sangat besar maka Angkatan Darat lebih memiliki kemampuan lebih untuk itu, di Normandy mereka memiliki tujuan untuk merebut Prancis Utara bukan pulau dengan dataran kecil. Kasus ini juga terjadi di Pasifik, dimana operasi perebutan kembali Filipina di pimpin oleh U.S Army karena memiliki ruang lingkup dataran sangat luas ketimbang pulau seperti Iwo Jima, Solomon atau Peleliu.

1 Trackback / Pingback

  1. Koramil 19 Sipahutar laksanakan patroli ke pasar Sipahutar – Berita terbaru

Tinggalkan Balasan