Aliansi China, Pakistan dan Afghanistan Bisa Membentuk Poros Baru Hegemoni Dunia

Sejak merdeka, Negara Islam Pakistan sudah akrab dengan China yang komunis. Hubungan akrab kedua negara berlanjut hingga kini, bahkan memiliki musuh yang sama, yaitu India.

Sekarang, di bawah kepemimpinan Taliban yang disponsori Pakistan. Afghanistan juga makin erat jatuh dalam hubungan trilateral tiga negara, Pakistan, China dan Afghanistan. Lalu apa keuntungan tiga negara dalam hubungan ini.

Efek Bagi China.
Dengan bergabungnya Afghanistan, China akan mendapat pasokan sumber daya alam melimpah ruah, mulai gas bumi, uranium sampai rare earth mineral. Ini akan menjadikan China penguasa bahan tambang untuk senjata terbesar di muka bumi.

Hal ini akan makin memuluskan jalan negara Panda itu menjadi negara adidaya di dunia menyaingi Amerika Serikat.

Efek Bagi Pakistan.
Pakistan akan jumawa di atas musuh bebuyutanya India. Mereka bisa lepas dari ketergantungan senjata buatan Amerika yang selama ini menginjak-nginjak kedaulatan wilayahnya dengan alasan perang melawan terorisme.

Selain dengan China, Pakistan juga menjalin kerjasama dengan Turki dan Iran untuk menjadi negara terkuat di Asia Selatan tanpa bantuan AS dan Rusia.

Efek Bagi Afghanistan.
Kucuran dana dari China akan membuat kekuatan dan kekuasaan Taliban makin absolut. Dengan kekayaan bahan tambangnya, negara ini akan menjadi seperti Arab Saudi dalam sistem pemerintahan. Menerapkan hukum islam dengan radikal.

Beda dengan Uni Soviet dan AS yang mencoba menguasai Afghanistan melalui jalan militer. China menjalankan misi ekonomi untuk menguasai negara ini dan menjadikanya proxy untuk menakuti negara barat dengan doktrin teroris ala Al-Qaeda.

Baca Juga:  Donald Trump Akan Bawa Amerika Jadi Apatis

Dengan menguasai Afghanistan, China bisa kapan saja melancarkan serangan ala teroris ke musuhnya di Barat menggunakan para radikalis Al-Qaeda.

Rusia sampai sekarang belum mampu menaklukkan suriah secara penuh di bawah rezim Bashar Assad. Tapi China dengan cerdik, memanfaatkan sokongan Pakistan pada Taliban, bisa mengusir AS dan merebut pengaruh di Afghanistan.

Politik Kungfu Panda, terlihat masa bodoh, tapi ternyata punya manuver maut.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan