Aljazair dan Azerbaijan Tetap Nekad Beli Su-57 Rusia

Pesawat siluman Su-57 buatan Rusia tetap banyak peminatnya walaupun belum sempurna pengembanganya dan mesin yang masih abu-abu.

Yang terbaru, Su-57 bactch produksi perdana jatuh hancur lebur di wilayah Khabarovsk. Namun Azerbaijan dan Aljazair tertarik untuk membeli jet tempur generasi kelima tersebut.

Menurut sumber Azerbaijan proses negosiasi telah dilakukan selama pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev di Sochi pada 3 Oktober 2019 lalu, kemudian pertemuan itu ditindakalanjuti dengan pertemuan Menlu Azerbaijan Elmar Mammadyraov dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov dengan hasil kedua negara sepakat “kemungkinan pembelian senjata baru dari Rusia”

Selain Azerbaijan, Negeri Afrika Utara yaitu Aljazair juga tertarik untuk membeli sejumlah pesawat tempur Su 57. Menurut Sumber Aljazair saat ini cukup aktif untuk melakukan negosiasi dengan Rusia untuk setidaknya membeli 12 unit Su 57 dengan opsi peningkatan pembelian mencapai 24 unit pesawat tempur.

Namun hingga berita ini ditulis baik Azerbaijan maupun Aljazair belum mencapai kesepakatan final, para ahli percaya kontrak pembelian kedua negara dapat diselesaikan pada awal tahun depan. Selain kedua negara tersebut diatas negara lain yang tertarik untuk mengakusisi Su 57 adalah China, Vietnam dan Turki.

Sebagai informasi saat ini status Su 57 masih dalam tahap uji coba terutama dalam hal mesin yang saat ini masih menggunakan mesin sementara yaitu AL 41F yang digunakan oleh Su 35, sedangkan mesin definitive yaitu Izdilye 30 saat ini masih dalam tahap pengembangan

1 Komentar

  1. Lha f35 aje dah endut trus jelas2 bermasalah dan jatuh dua kali ente masih minat, ni su57 baru jatuh sekali karena emang melakukan uji coba yg ekstreem kok malah diragukan, resiko uji coba extrem itu sangat memungkinkan peaawat hilang kendali, lha f35 cuman patroli rutin jatuh dibuat jepang dan us

Tinggalkan Balasan