Aljazair Resmikan Dua Kapal Selam Kelas Kilo

Angkatan Laut Aljazair meresmikan dua kapal selam Project 636 Kilo baru dalam sebuah upacara di pangkalan angkatan laut Mers el Kebir di Oran pada 9 Januari.

Dinamai Ouarsenis (031) dan Hoggar (032), kapal selam yang baru diresmikan tersebut adalah unit ketiga dan keempat di kelasnya dalam armada AL Aljazair.

Kapal selam tersebut pada Februari 2014 dan tiba di Aljazair akhir tahun lalu setelah memulai perjalanan dari St Petersburg di mana kapal-kapal tersebut dibangun oleh Galangan Kapal Admiralty. Dua kapal selam pertama telah memasuki kedinasan pada tahun 2010.



Dengan masuknya Ouarsenis dan Hoggar sekarang dalam kedinasan, Angkatan Laut Aljazair mengoperasikan total enam kapal selam. Negara ini meresmikan dua kapal selam Project 877 (versi Kilo awal) pada tahun 1987 dan 1988 yang diupgrade pada tahun 2010 dan 2011. Semua unit mampu menembakkan versi ekspor rudal Kalibr Rusia yang dapat diluncurkan dari kapal atau kapal selam.

Peresmian Ouarsenis dan Hoggar adalah yang terbaru dari serangkaian akuisisi Angkatan Laut Aljazair. Negara tersebut meresmikan dua fregat MEKO buatan Jerman pada tahun 2016 dan 2017 sebagai tambahan untuk tiga korvet C28A buatan Tiongkok yang diresmikan antara tahun 2015 dan 2016. Pada tahun 2011, media Rusia melaporkan bahwa Aljazair telah memesan dua korvet kelas Steregushchiy Rusia yang akan dikirimkan oleh 2018. Namun, masih belum jelas apakah korvet tersebut akan dikirimkan.

Baca Juga:  Foto-foto Mengharukan Prajurit TNI Saat Berangkat Tugas Jaga Perbatasan

Aljazair juga membeli kapal latih, El-Mellah, dari pembuat kapal Polandia Remontowa Shipbuilding. Kapal sepanjang 110 meter itu diserahkan ke AL Aljazair pada Oktober 2017.

Sumber : navaltoday.com/TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan