Amankan Ladang Gas, Mesir akan Beli Sistem Rudal Pantai Bastion-P Rusia

Menurut sumber-sumber lokal di Mesir, Angkatan Laut Mesir berencana untuk memperoleh sistem pertahanan pantai buatan Rusia “Bastion” untuk mengamankan pantai dan ladang gasnya di Mediterania.

Narasumber mencatat bahwa pembelian Mesir atas sistem ini adalah masalah logis yang cocok dengan kerangka rencana pengembangan komprehensif untuk Angkatan Laut Mesir yang akan mencakup akses ke sistem pertahanan modern di sepanjang pantai negara itu.

K-300P Bastion-P adalah sistem rudal pertahanan pantai mobile Rusia. Peran utama Bastion-P adalah untuk menghancurkan kapal permukaan termasuk carrier battle group, konvoi, dan kapal pendarat.

Rudal yang digunakan oleh Bastion-P adalah P-800 Oniks (Yakhont), rudal anti-kapal supersonik dengan hulu ledak seberat 200–250 kg (440-550 lb). Rudal ditembakkan secara vertikal dari peluncur menggunakan booster roket berbahan bakar padat untuk akselerasi awal, kemudian menggunakan mesin ramjet berbahan bakar cair untuk terbang jelajah berkelanjutan pada kecepatan Mach 2.5.

Jangkauan maksimum Oniks/Yakhont bervariasi pada 120–300 km (75–186 mi; 65–162 nm) tergantung penggunaan lintasan penerbangan low-low atau hi-low.

Menggunakan navigasi GLONASS pada tahap penerbangan awal dan pemandu radar aktif saat mendekati sasaran rudal dapat terbang ke ketinggian 14.000 m (46.000 kaki) sebelum turun ke ketinggian 5 meter diatas laut pada tahap akhir penerbangannya.

Sumber : navalnews.net, via TSM Angga Saja

Baca Juga:  Pesawat Amerika Tabrak Kru Kapal Induk USS Carl Vinson Saat Mendarat

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan