Amerika Akui Helikopter Mi-17 Rusia Lebih Unggul dari UH-60 Blackhawk di Medan Afghanistan

Pernyataan mengejutkan dirilis oleh kantor pertahanan Amerika Serika (AS) Pentagon, bahwa helikopter Mil Mi-17 Hip buatan Rusia ternyata lebih unggul dibandingkan helikopter asal Amerika Serikat (AS), UH-60 Blackhawk yang dibuat oleh Sikorsky Aircraft.

Fakta tersebut didapat oleh Pentagon dari perbandingan kedua helikopter saat bertugas di Afghanistan.

Dalam pernyataanya, Pentagon menyoroti kemampuan Blackhawk sebagai helikopter angkut cargo yang ternyata masih kalah daya muatnya dibandingkan Mil Mi-17 punya Rusia.

Meskipun helikopter Blackhawk terbaru sudah memperkuat Angkatan Udara (AU) Afghanistan namun kapasitas kargonya masih lebih kecil dibandingkan helikopter Rusia itu. Bahkan perbandingan 2 banding 1.

“Secara umum dibutuhkan hampir dua Blackhawk untuk mengangkut muatan (dari satu unit) Mi-17,” ungkap Jenderal Glenn Fine, seperti dikutip laman Sputnik News, Sabtu (16/6/2018).

Menurut situs berita, Bloomberg News (Kamis, 14/6/2018), bisa jadi karena Blackhawk terbaru yang diterbangkan dalam medan operasi di Afghanistan masih dalam bentuk prototipe yang bisa saja dikembangkan lagi.



Kelemahan lain Balckhawk adalah soal ketinggian terbangnya. Tidak seperti Mi-17, Blackhawk tidak dapat terbang pada ketinggian yang tinggi, dan dengan demikian tidak dapat beroperasi di wilayah terpencil di Afghanistan seperti tempat Mi-17.

Baca Juga:  Selama 4 Bulan, 4 Jet Mirage Perancis Sergap 23 Kali Jet Tempur Rusia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan