Amerika Dan Indonesia Siap Gelar Latihan Bersama Garuda Shield Bersama Negara Lainya

Garuda Shield merupakan latihan gabungan TNI dengan US INDOPACOM, latgab ini ditujukan untuk memperkuat interoperabilitas, kemampuan, kepercayaan, dan kerja sama yang telah dibangun selama beberapa dekade. Garuda Shield kali ini akan lebih ramai dari biasanya karena tidak hanya TNI dan US INDOPACOM saja yang berpartisipasi, ada juga beberapa negara lain seperti Kanada, Malaysia, India, Korea Selatan, Australia, Jepang, Singapura, Papua Nugini, dan Inggris yang diharapkan bisa bergabung sebagai pengamat.

Garuda Shield 2022 sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 14 Agustus mendatang di Baturaja, Amborawang, dan Pulau Batam.

Latihan Garuda Shield 2022, yang melibatkan sekitar 2.000 tentara AS, 2.000 personel TNI AD, dan tambahan peserta dari negara mitra, akan meningkatkan kemampuan interoperabilitas gabungan melalui pelatihan dan pertukaran budaya. Latihan ini memperkuat Kemitraan Strategis AS-Indonesia dan memajukan kerja sama regional dalam mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Latihan pos komando (CPX) akan berpusat pada tugas staf operasi penjaga perdamaian PBB dalam sebuah seting militer gabungan. Gladi lapangan (FTX) akan melibatkan elemen kekuatan kompi dari setiap negara yang ikut dalam latihan gabungan, keterampilan perang fundamental untuk meningkatkan interoperabilitas dan kapasitas operasi gabungan.

Baca Juga:  Kursus Pengoprasian Rudal Qw-3 Kopaskhas

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan