Amerika Kirim Pesawat F-15 Strike Eagle ke Polandia

Amerika Serikat mengirim pesawat tempur F-15E Strike Eagle dari RAF Lakenheath, Inggris untuk ikut dalam melaksanakan bersama di Polandia (25/3/2019) dengan tajuk Rapid Phanter.

Meskipun pihak AS secara resmi menyebut bahwa kebijakan ini tak bermaksud memprovokasi Rusia, namun tetap saja memunculkan kekhawatiran akan memanasnya suasana di kawasan.

Hubungan Rusia dan Polandia tak pernah akur sejak zaman dulu. Bahkan pada 2018, Presiden Polandia meminta Trump membangun pangkalan militer di perbatasan Polandia dan Rusia.

Pesawat F-15E milik AU AS ini ditempatkan di Powidz Air Base di Polandia selama berpartisipasi dalam latihan bersama Rapid Panther.

Latihan bersama ini menunjukkan kemampuan 48th Fighter Wing dikirim ke garis depan dengan sedikit pesawat dan personel guna melaksanakan latihan dengan angkatan udara Polandia.

Latihan ini untuk mempertajam kesiapan kolektif, memperkuat hubungan dengan sekutu dan mitra NATO, dan menggarisbawahi komitmen AS terhadap keamanan regional.

Selama ini, pesawat dan personel AU AS secara rutin dikerahkan di seluruh wilayah Eropa untuk latihan bersama dan mendukung sekutu dan mitra NATO.

Baca Juga:  Norinco CS/LR4 Senapan Sniper Buatan China yang Bunuh Gembong Teroris Marawi

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan