Amerika Mulai Bangun 9 Kapal Selam Kelas Virginia

Pentagon telah memberikan General Dynamics Electric Boat Corp (GDEB) kontrak senilai $ 22,2 miliar untuk pembangunan sembilan kapal selam kelas Virginia, delapan diantaranya dilengkapi dengan Virginia Payload Module (VPM), dari tahun fiskal 2019 hingga tahun fiskal 2023.

Ini adalah kontrak pembuatan kapal yang terbesar yang pernah diumumkan oleh Pentagon. General Dynamics akan menjadi kontraktor utama dan Huntington Ingalls Industries adalah subkontraktor utama, kata Departemen Pertahanan AS dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (02/12).

Angkatan Laut AS sebelumnya telah menerima 18 kapal dari kelas ini, dan berencana untuk membeli total 40 kapal selam sejenis. Angkatan Laut AS akan menerima pengiriman kapal pertama pesanan baru ini pada tahun 2024.

Modifikasi kontrak mencakup bahan cadangan dan opsi untuk satu kapal selam tambahan dengan VPM. Jika opsi ini dilaksanakan, nilai kumulatif kontrak ini akan meningkat menjadi $ 25 miliar.

Jumlah yang diberikan termasuk pemberian kontrak material yang diumumkan sebelumnya (termasuk long-lead-time material dan economic ordering quantity material) senilai $ 3,2 miliar.

Modifikasi kontrak ini adalah untuk pembangunan kapal selam kelas Virginia Block V oleh GDEB dan subkontraktor utama Huntington Ingalls Industries, divisi pembuatan kapal Newport News, termasuk dukungan desain dan semua upaya yang diperlukan untuk menguji dan menyerahkan setiap kapal selam.

GDEB akan terus melakukan subkontrak dengan divisi Newport News Shipbuilding Huntington Ingalls Industries. Pekerjaan untuk kontak saat ini diharapkan selesai pada Agustus 2029.

Baca Juga:  China Kerahkan Jet Tempur Su-35 ke Laut China Selatan

Kelas kapal selam serang cepat bertenaga nuklir ini sedang dibangun untuk menggantikan kapal kelas Los Angeles yang sudah menua. Kapal-kapal menggabungkan teknologi dan inovasi baru yang meningkatkan daya tembak, kemampuan manuver, tingkat kesenyapan dan meningkatkan kemampuan perangnya.

Kapal selam ini mampu mendukung beberapa paket misi dan dapat beroperasi menyelam dengan kecepatan lebih dari 25 knot selama berbulan-bulan.

Kapal selam Virginia Block V sepanjang 84-kaki yang dibangun akan memiliki bagian tambahan Virginia Payload Module (VPM) pada bagian tengah hull, yang menambah panjang keseluruhannya. VPM dirancang untuk menggandakan kapasitas rudal jelajah Tomahawk dari kapal selam kelas Virginia, sebuah langkah yang dirancang untuk mengimbangi pensiun yang tertunda dari kapal selam rudal kelas-Ohio, yang memiliki kapasitas membawa dan meluncurkan 154 rudal Tomahawk (kapal selam kelas Ohio memiliki 22 tabung yang masing-masing dapat diisi 7 rudal Tomahawk). Setiap VPM pada kapal kelas akan mampu membawa 28 rudal Tomahawk, yang akan menambah jumlah rudal Tomahawk yang dapat dibawa pada Block sebelumnya sebanyak 12 rudal pada VLS dibagian depan sail, menjadi total 40 rudal Tomahawk.

Sumber : defenseworld.net, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan