Amerika Percepat Kirim Rudal THAAD ke Arab Saudi

Pentagon mempercepat pengiriman senjata Amerika Serikat (AS) ke militer sekutu seperti Arab Saudi, Rumania, Jepang, dan Korea Selatan. Senjata yang akan dipasok ke Riyadh adalah sistem rudal Terminal High Altitude Air Defense (THAAD).

Pengiriman dipercepat melalui “otoritas percontohan” yang mengubah cara mendesain dan mengeksekusi kontrak.

Ellen Lord, Wakil Menteri Pertahanan AS untuk Akuisisi dan Perawatan, yang dilansir Defense One, mengonfirmasi percepatan pengiriman senjata kepada sekutu-sekutu Washington tersebut.

“Kami memiliki berbagai macam program khusus di mana kami fokus untuk menerapkan otoritas ini; Rudal Patriot untuk Rumania; Global Hawk untuk Jepang, THAAD untuk Arab Saudi, dan TOW untuk beberapa mitra penjualan militer asing,” kata Lord, yang dilansir Kamis (24/5/2018).


Menurut Lord, otoritas baru itu akan memungkinkan Pentagon untuk memangkas “tahun” dari waktu yang diperlukan untuk mengirim senjata kepada militer yang “ramah”.


Pertimbangan lain adalah situasi Arab Saudi yang sering menjadi target serangan rudal oleh pemberontak Houthi Yaman. Otoritas regional juga khawatir tentang kemampuan rudal yang semakin berkembang di Iran.

Administrasi Trump, yang bekerja untuk meningkatkan ekspor senjata buatan AS, telah memulai proses untuk melaksanakan penjualan 120.000 amunisi berpandu presisi kepada Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.
sumber: sindonews

Baca Juga:  Kapal Perang SSV-2 Davao del Sur (LD-602) buatan Indonesia tiba di Filipina

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan