Amerika Peringatkan Keberadaan Kapal Intelijen Rusia di Lepas Pantai Florida

Beroperasi Secara Tidak Aman, US Coast Guard Keluarkan Peringatan Atas Keberadaan Kapal Intelijen Rusia

Pada tanggal 15 Desember 2019, US Coast Guard menerbitkan MSIB (Maritime Safety Information Bulletin) terkait dengan keberadaan kapal SIGINT Vishnya-class AL Rusia yaitu RFN Viktor Leonov (AGI-175), yang saat ini sedang berada di perairan internasional lepas pesisir timur US.

Viktor Leonov beroperasi secara tidak aman ketika bernavigasi melewati area of responsibility dari USCG Sector Jacksonville. Kapal intelijen Rusia tersebut tidak menyalakan lampu dalam kondisi jarak pandang rendah, tidak menjawab panggilan kapal komersial yang ingin berkoordinasi untuk melakukan safe passage, serta pergerakan tak teratur lainnya.

USCG menghimbau kapal-kapal yang akan melalui perairan lepas pantai South Carolina dan Georgia untuk lebih berhati-hati ketika bernavigasi di dekat Viktor Leonov. Situasi yang berbahaya juga harus dilaporkan ke US Coast Guard.

Seorang pejabat pertahanan melaporkan bahwa USS Mahan, sebuah destroyer Arleigh Burke-class sedang mengikuti pergerakan Viktor Leonov.

Sekarang Viktor Leonov berjarak beberapa ratus mil lepas pantai Florida dan berada di timur Kepulauan Bahama, setelah berlayar ke selatan selama beberapa hari terakhir.

Sumber: Lihgting II Chan

Baca Juga:  Kapal Selam Kilo Vietnam Yang Terakhir Telah Dikirim

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan