Amerika Protes Keras Manuver Su-35 Menghadang Pesawat P-8A Poseidon

Pada tanggal 4 Juni 2019, sebuah P-8A Poseidon US Navy terbang dalam ruang udara internasional di atas Laut Mediterranean. P-8A tersebut di-intercept oleh sebuah Su-35 Rusia sebanyak tiga kali dalam waktu 175 menit.

Interaksi pertama dan ketiga dinyatakan aman, namun interaksi kedua dinilai tidak aman karena Su-35 melakukan high-speed pass persis di depan Poseidon. Awak P-8A melaporkan terjadinya wake turbulence setelah dilakukannya aksi tersebut. Durasi intercept ini diperkirakan selama 28 menit.

Interaksi yang terjadi dalam ruang udara internasional ini tidak bertanggungjawab dan membahayakan pilot serta awak pesawat. Sudah ada standar internasional yang ditetapkan untuk menjamin keamanan dan mencegah insiden, yaitu 1972 Agreement for the Prevention of Incidents On and Over the High Seas (INCSEA).

Tindakan yang tidak aman dapat meningkatkan resiko miskalkulasi serta potensi tabrakan di udara. Pesawat US beroperasi konsisten dengan hukum internasional yang ada dan tidak memprovokasi aktivitas Rusia tersebut.

Sumber:

Russian Su-35 Fighter Makes ‘Irresponsible’ Intercept of Navy P-8A Over Mediterranean  

Baca Juga:  Selfie Pakai Seragam Tentara Jepang, 2 Warga China Di Penjara

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan