Amerika Resmikan Kapal Selam Nuklir Terbaru, USS Colorado

Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) meresmikan pengoperasian kapal selam nuklir terbaru kelas Virginia, USS Colorado SSN 788. Selain mampu bertenaga dan membawa rudal nuklir, kapal ini juga dilengkapi dengan teknologi Stealth atau Siluman anti radar.

Peresmian operasional dilaksanakan di Pangkalan Kapal Selam di New London, Groton, Connecticut, pada hari Sabtu (17/3/2018). Kapal ini sendiri mulai dibangun sejak 2012 di galangan General Dynamics Electric Boat di Groton.

Ini adalah kapal serang cepat nuklir ke-16 dari keluarga kapal Virginia. Teknologi yang diadopsinya adalah Block III dari pengembangan kapal-kapal kelas Virginia.


Nama Colorado sendiri telah tiga kali digunakan sebagai nama kapal perang.

Pertama, Colorado River digunakan untuk kapal fregat bermesin uap tahun 1858. Kedua USS Colorado, kapal penjelajah kelas Pennsylvania tahun 1903. Dan ketiga, USS Colorado (BB 45) kapal perang permukaan kelas Colorado (1923-1947).

Kecepatan laju kapal selam USS Colorado mencapai 25 knot. Kapal dengan dimensi panjang 115 m dan diameter 10 meter ini dilengkapi reaktor nuklir sehingga tidak memerlukan pengisian bahan bakar ulang bagi pelayarannya dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

USS Colorado memiliki kemampuan mengarungi lautan dalam maupun perairan laut dangkal. Kapal ini didesain dapat melaksanakan tujuh kapabilitas kapal selam, yaitu: peperangan kapal selam, perang permukaan, pengiriman pasukan khusus, penyerangan, pertempuran ireguler, ISR, dan kapal antiranjau.

Baca Juga:  Pesawat MiG-31BM Sang Pembawa Rudal Tercanggih Rusia Khinzal KH-47M2

Untuk membawa pasukan khusus, ruang torpedo USS Colorado bisa diubah jadi ruang akomodasi personel berikut perlengkapan operasinya.

Keunggulan USS Colorado adalah, kapal ini tidak lagi menggunakan periskop konvensional untuk mengintip ke permukaan sebagai gantinya digunakan dua tiang dengan kamera infra merah. Sedangkan kendari kemudi menggunakan joy stik layaknya sistem kendali game Xbox.


Kapal selam terbaru ini mampu menampung 130 awak dan hanya awak pria yang menjalankan aktivitas di kapal selam ini. Pembangunan USS Colorado (SSN 788) disponsori oleh Annie Mabus, putri dari mantan Menteri AL AS ke-75 Ray Mabus.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan