Amerika Rilis Foto Rusia Kirim Su-35 ke Libya

Komando pasukan Amerika Serikat di Afrika pada hari Selasa, 26 Mei telah merilis serangkaian foto yang menunjukkan bahwa Rusia telah mengerahkan pesawat tempur militer ke Libya.

Pesawat-pesawat tersebut termasuk jet tempur Mig-29 Fulcrum dan pesawat tempur Sukhoi Su-24 Fencer, baru-baru ini dikerahkan ke Libya untuk mendukung kontraktor militer swasta (PMC) yang disponsori negara Rusia untuk beroperasi di Libya.

Setidaknya “enam Mig-29 dan dua pesawat Su-24 yang dikawal oleh dua Angkatan Udara Rusia Su-35” telah tiba di Libya, kata press rilis dari Pasukan AS di Afrika.

Kehadiran “Su-35 Angkatan Udara Rusia” sangat mengejutkan, mengingat Rusia tidak berpartisipasi (secara resmi) dalam konflik di Libya. Komando Afrika AS menilai bahwa Moskow baru-baru ini mengerahkan pesawat tempur militer ke Libya untuk mendukung PMC yang disponsori negara Rusia yang beroperasi di darat di sana.

Pesawat tempur Rusia tiba di Libya, dari pangkalan udara di Rusia, setelah transit Suriah di mana dinilai mereka dicat ulang untuk menyamarkan warna “Rusia”.

Libya sudah menjadi arena perang mengerikan antara Pemerintahan Sipil GNA (Goverment National Accord) yang disokong oleh Turki dan NATO melawan militer Libya LNA (Libya National Army) yang disokong oleh Mesir, Uni Emirat Arab dan Rusia.

Baca Juga:  Israel Serang Gaza Palestina, Rumah Sakit Indonesia Rusak

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan