Amerika Sebut Kemampuan Rudal Iran Tak Tertandingi di Timur Tengah

Teknologi dan kepemilikan rudal Iran disebut oleh Amerik Serikat (AS) tak tertandingi di kawasan Timur Tengah, bahkan oleh Israel sekalipun. Demikian laporan Badan Intelijen Pertahanan AS atau Pentagon pada 19 November 2019.

“Selama 40 tahun terakhir, Iran telah mengembangkan program pengembangan rudal yang luas, serta ukuran dan kecanggihan pasukan misilnya terus tumbuh meskipun puluhan tahun upaya kontraproliferasi bertujuan untuk mengekang kemajuannya,” bunyi laporan berjudul “Iran Military Power” tersebut.

Terlepas dari beberapa dekade sanksi yang dijatuhkan pada rezim para Mullah, kekuatan proyektil Teheran begitu luas, mencakup rudal balistik yang dapat menyerang Israel dan Arab Saudi pada jarak 1.250 mil (2.000 kilometer).

Menurut laporan itu, dua tahun lalu, Iran memamerkan rudal dengan jangkauan sejauh 1.250 mil. Misil itu dapat membawa beberapa hulu ledak dan diduga menggunakan teknologi dari Korea Utara.

Fakta ini jelas bikin Arab Saudi makin ketakutan. Negara Wahabi itu terus berupaya membangun pertahanan udara yang mumpuni tidak hanya mengandalkan rudal patriot buatan AS bahkan rudal S-400 buatan Rusia juga siap dibeli.

Arab Saudi sendiri telah beberapa kali menderita saat kilang-kilang minyak menjadi sasaran serangan pemberontak Yaman Pro Iran.

Sumber: sindonews.com

Baca Juga:  Antisipasi Embargo Amerika, Turki Mulai Menimbun Suku Cadang F-16

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan