Amerika Serahkan Helikopter Apache Pesanan Qatar

Qatar telah menerima helikopter pertama dari 24 helikopter AH-64E Apache Guardian, dalam sebuah upacara di fasilitas produksi Boeing di Mesa, Arizona.

Deputi Perdana Menteri Qatar dan Menteri Negara Urusan Pertahanan, Khalid bin Mohamed Al Attiyah menghadiri upacara penyerahan pertama helikopter AH-64E Guardian ke Angkatan Udara Emirat Qatar pada hari Jumat (15/03).

AH-64E Apache Guardian adalah versi helikopter serang Apache paling canggih yang ada saat ini.


Menurut Scramble Magazine, pada Juli 2014, pemerintah Qatar menandatangani perjanjian untuk akuisisi 24 AH-64E dengan peralatan terkaitnya dan pelatihan untuk 70 pilot dan 100 awak darat. Kontrak senilai $ 667 juta ditandatangani pada Juli 2016 dan Qatar mengambil opsi untuk pengadaan 24 helikopter serang tambahan. Namun opsi ini belum dikapitalisasi.

Helikopter AH-64E Apache Guardian dilengkapi dengan sensor baru, avionik dan telah ditingkatkan kemampuan operasi malam harinya. Selain itu, helikopter AH-64E dapat mengontrol beberapa UAV. Helikopter serang ini dioperasikan oleh dua awak, termasuk pilot dan penembak.


Boeing menyerahkan helikopter AH-64A Apache pertama kepada Angkatan Darat Amerika Serikat pada Januari 1984. Sejak itu, AD AS dan negara-negara lain telah menerima lebih dari 2.200 helikopter serang Apache AH-64. Pelanggan internasional Boeing untuk helikopter Apache ini adalah termasuk Mesir, Yunani, India, Indonesia, Israel, Jepang, Korea, Kuwait, Belanda, Qatar, Arab Saudi, Singapura, Uni Emirat Arab dan Inggris.

Baca Juga:  Maju Mundur Soal Mesin, Rusia Siap Beli 13 Unit Su-57 Pada 2020

Sumber : defence-blog.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan