Amerika Serikat Akan Jaga Kerjasama Strategis Dengan Indonesia

Pemerintah Amerika Serikat (AS) di bawah Presiden yang baru dilantik, Donald Trump, akan terus melakukan hubungan strategis guna mendukung kebijakan maritim Indonesia. AS dan Indonesia juga berusaha memperluas kerja sama dalam kemitraan strategis lainnya.

Hal itu disampaikan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr, usai melakukan kunjungan kehormatan (courtesy call) kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Kamis (26/1).

“Kami bicara soal perikanan, maritim dan lainnya,” ujar Donovan Jr.

Namun, Donovan Jr mengaku tidak membahas mengenai investasi tertentu di Indonesia. “Kami bicara umum. Dalam perdagangan dan investasi, saya melihat ada hubungan erat antara Indonesia dan Amerika Serikat di bidang penerbangan dan pembangkit listrik,” ungkapnya.


Sementara itu, Luhut menjelaskan bahwa dalam pertemuannya dengan Donovan Jr, negeri Paman Sam itu menginginkan agar hubungan dengan Indonesia dapat terjalin baik.


Hal itu lantaran Indonesia dianggap sebagai salah satu negara ASEAN yang kuat dan termasuk salah satu ekonomi terbesar di dunia. Selain itu, Indonesia juga dianggap sebagai negara berpenduduk Islam terbesar sehingga menjadi salah satu negara yang penting.

“Mereka (AS) punya kepentingan di Laut Cina Selatan, di mana Indonesia langsung dengan daerah itu. Jadi AS punya kepentingan untuk melindungi kita sebagai mitra. Di sisi lain, Cina juga teman baik kita. Tapi kita tidak bisa didikte dengan negara manapun, termasuk Cina dan AS,” tegas Luhut.

Baca Juga:  Iran Berusaha Jatuhkan Drone MQ-9 Reaper Milik Amerika di Teluk Arab

Sumber: antara

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan