Amerika Serikat Hibahkan 3 Unit Radar Maritim Kepada Indonesia dan Malaysia

Pemerintah Amerika Serikat menyumbangkan tiga radar solid-state long range mobile surveillance radars kepada Pemerintah Kerajaan Malaysia dan Pemerintah Indonesia, dibawah kontrak pada 9 Juni 2020 antara Amerika Serikat dengan Lockheed Martin yang nilainya $77 Juta (Rp1,09 Triliun). Namun tidak di konfirmasi bagaimana pembagian akan dilakukan, dapat dipastikan antara dua negara itu mendapatkan dua radar.

Tiga radar yang akan disumbangkan itu adalah TPS-77 Multi-Role radar dari Lockheed Martin, yang bertujuan untuk memberikan sistem Komando, Kontrol, Komunikasi dan Intelijen yang dapat dioperasikan dengan baik dan sistem Sensor yang mendukung Operasi Udara Bersama Amerika Serikat. Jadi, diharapkan radar akan memungkinkan misi pengawasan udara dan maritim jarak jauh untuk kedua negara.

Radar TPS-77 Multi-Role radar sendiri memiliki jarak deteksi 463 km, target target yang bisa dideteksi seperti low level flight, long range surveillance, hingga UAV, radar ini juga menggunakan frekuensi L-Band.

Sumber: Mighty War
https://www.asiapacificdefensejournal.com/2020/06/malaysia-and-indonesia-to-receive-new.html?m=1

TPS-77 Multi-Role Radar (MRR)

Baca Juga:  Rusia Bidik Pasar Kapal Selam Mini ASEAN

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan